Pesan dakwah R.A. Kartini dalam buku "Tuhan dan Agama dalam Pergulatan Batin Kartini"

Febrianty, Pintha (2019) Pesan dakwah R.A. Kartini dalam buku "Tuhan dan Agama dalam Pergulatan Batin Kartini". Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (970kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (982kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pesan dakwah R.A Kartini dalam buku Tuhan dan Agama dalam Pergulatan Batin Kartini karya Th.Sumartana. Berdasarkan surat-surat Kartini tetang agama yang dikirimkan kepada para sahabatnya di Belanda, diantaranya Stella Zeehandelaar, Ny.Abendanon, Ny.Cvink Soer, Ny.Van Kol, Tuan Van Kol dan Tuan E.C. Abendanon. Sumartana menganalisis pemikiran agama Kartini berdasarkan surat-surat tersebut. Pemikiran-pemikiran tersebut melahirkan suatu pesan dakwah dari seorang Raden Ajeng Kartini. Pada mulanya karya dari Th.Sumartana ini merupakan bagian disertasi Sumartana di Vrije Universiteit, Amsterdam, Belanda. Kemudian oleh Gading Publishing diterbitkan ulang pada tahun 2013. Sumartana menelusuri ke ceruk yang paling sempit dan dasar yang paling dalam dari pandangan Kartini mengenai agama. Penelitian ini terinspirasi dari karya Th.Sumartana yang mengungkap sisi lain dari pemikiran Kartini yang melahirkan suatu pesan selain tentang pendidikan dan emansipasi wanita. Setelah peneliti analisis, dalam pemikiran Kartini tentang agama yang Sumartana tulis dalam buku Tuhan dan Agama dalam Pergulatan Batin Kartini terdapat pesan-pesan dakwah Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan content analisys dan analisis indeksikalitas untuk mengkaji pesan dakwah R.A Kartini berdasarkan unsur dakwah dalam buku Tuhan dan Agama dalam Pergulatan Batin Kartini sebagai sumber primer. Untuk mendukung sumber primer peneliti menggunakan buku lain berjudul R.A Kartini Biografi Singkat 1879-1904 karya Imron Rosyadi (2012) dan buku kumpulan surat-surat Kartini yang sudah diterjemahkan Armijn Pane (2005) berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang sebagai sumber sekunder penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pesan dakwah R.A Kartini dalam buku Tuhan dan Agama dalam Pergulatan Batin Kartini karya Th.Sumartana. Serta diharapkan mampu menambah khazanah keilmuan, memperluas wawasan tentang sumbangsih pesan pahlawan perempuan tentang dakwah. Secara implementatif penelitian ini masih relevan untuk diaplikasikan dalam konteks kekinian berdasarkan pesan-pesan dakwah, yang terbagi menjadi materi dakwah dan metode dakwah yang peneliti analisis dari buku Tuhan dan Agama dalam Pergulatan Batin Kartini. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa materi dakwah yang merupakan pesan dakwah R.A Kartini yaitu meliputi tauhid, keimanan, akhlak, dan toleransi. Serta berkaitan dengan metode dakwah yaitu tentang metode dakwah mujadalah bil ahsan. Implikasi praktis dari pesan dakwah Kartini yang memberi tekanan kepada kehidupan sprilitual yang sederhana, mudah dimengerti dan kepada nilai etika diharapkan dapat memunculkan sikap keagamaan yang terbuka. Terbuka dalam arti lebih toleran terhadap keberagaman antaragama. Sehingga perbedaan agama bukan memecah belah, namun saling menghormati dan mengasihi sebagai sesama manusia yang hidup di muka bumi. Di samping keterbatasan pemahaman agama, pesan-pesan dakwah Kartini yang bermuatan unsur dakwah dan metode dakwah mengandung kekuatan serta relevansi yang dapat dirasakan bukan hanya pada masa ketika tumbuh dan berkembang gerakan nasional, namun bahkan hingga masa kini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Media dakwah; Buku
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 01:17
Last Modified: 03 Jul 2021 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics