Pemberdayaan masyarakat melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal

Munasaroh, Siti Ani (2019) Pemberdayaan masyarakat melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Siti Ani Munasararoh (1501046002), ”Pemberdayaan Masayarakat Melalui Program Inovasi Desa (PID) Di Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal”. Program Inovasi Desa merupakan upaya membangun desa dengan pemberdayaan masyarakat yang terfokus dalam tiga sasaran program. Sasaran fokus Program Inovasi desa adalah pengembangan ekonomi lokal, kewirausahaan, dan peningkatan sumber daya manusia. Sasaran program ini dikembangkan untuk mengoptimalan penggunaan dana desa agar tidak terfokus pada infrastruktur fisik, yang selama ini kurang memperhatikan kebutuhan ekonomi lokal dan kewirausahaan masyarakat. Di Desa Magersari salah satunya, dimana sebelum ada PID pembangunan di Magersari hanya fokus pada pembuatan rabat beton, pavingisasi dan talud tanpa memperhatikan kebutuhan kesejahteraan masyarakat dan potensi perekonomian yang ada. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana tahapan pemberdayaan masyarakat melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal, (2) Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dari pemberdayaan masyarakat melalui Program Inovasi Desa (PID) di Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan mengenai tahapan pemberdayaan masyarakat dalam Program Inovasi Desa (PID) di Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal, (2) Bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pemberdayan masyarakat dalam Program Inovasi Desa (PID) di Desa Magersari Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan tahap analisa data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap sebelum di lapangan, tahap selama di lapangan, dan tahap kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian mengenai Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa (PID) Di Desa Magersari adalah melalui beberapa tahapan yaitu: (a) Tahap penyadaran, (b) Tahap Pengkapasitasan, (c) Tahap Pendayaan, (d) Tahap capacity building dan networking, (5) Tahap evaluasi dan monitoring. Adapun Faktor pendukung dalam pemberdayaan masyarakat melalui PID salah satunya dukungan dan perhatian penuh dari pemerintah untuk memberdayakan masyarakat dan sebagai Peluang untuk masyarakat agar lebih memanfatkan dana desa (DD) dengan kegiatan yang lebih inovatif, Faktor penghambat pemberdayaan masyarakat melalui PID yaitu, Proses sosialisasi informasi dan inovasi PID sangat singkat dan Kebijakan pemerintah Desa Magersari yang masih terfokus pada pembangunan infrastruktur tanpa memperhatikan kebutuhan masyarakat akan kesejahteraan dan pemberdayaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorRiyadi, AgusNIDN2016088002
Thesis advisorKasmuri, KasmuriNIDN2022086601
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Program Inovasi Desa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 01:24
Last Modified: 08 Apr 2020 01:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11016

Actions (login required)

View Item View Item