Peran kelompok Batik Bakaran dalam melestarikan potensi lokal di Desa Bakaran Kecamatan Juwana Kabupaten Pati

Ulin Nuha, Achmad (2019) Peran kelompok Batik Bakaran dalam melestarikan potensi lokal di Desa Bakaran Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1.HALAMAN AWAL.pdf]
Preview
Text
1.HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kabupaten pati memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dari sektor pertanian perkebunan dan juga dari hasil lautnya. Setiap daerah di Kabupaten Pati memiliki hasil karya lokal masing-masing. Desa Bakaran merupakan sebuah desa yang memiliki luas sekitar 767,5 Ha yang berwilayah di Kabupaten Pati dan terletak di Kecamatan Juwana. Desa Bakaran memiliki potensi dari hasil karya membatik, karena di Desa tersebut banyak pengrajin-pengrajin yang sangat terampil dibidangnya. Di Desa Bakaran terdapat Kelompok Batik Bakaran yang memiliki tujuan untuk melestarikan potensi lokal. Kelompok Batik Bakaran ini beranggotakan para pengrajin yang sudah berpengalaman. Berdasarkan hal tersebut Kelompok Batik Bakaran membangkitkan kembali minat masyarakat untuk lebih menjaga kelestarian batik dengan cara membuat program kegiatan dimana kegiatan tersebut terdapat pelatihan-pelatihan membatik.

Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Kelompok Batik Bakaran dalam melestraikan potensi lokal di Desa Bakaran Kecamatan Juwana Kabupaten Pati, serta bagaimana hasil kegiatan kelompok Batik Bakaran dalam melestarikan potensi lokal di Desa Bakaran, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran kelompok batik Bakaran 2) Untuk mengetahuai apa saja hasil yang diperoleh kelompok batik Bakaran dalam melestarikan potensi lokal di Desa Bakaran Kecamatan Juwana Kabupaten Pati.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan 1) Redaksi Data (Data Reduction), 2) Penyajian Data (Data Display), 3) Penarikan Kesimpulan (Conclusion Drawing/Verification). Subyek penelitian ini adalah pengurus Kelompok Batik Bakaran, anggota Kelompok Batik Bakaran, dan pengrajin batik

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kelompok Batik Bakaran menjalankan perannya sebagaimana berikut: Kelompok Batik Bakaran sebagai Fasilitator / Penyuluh Kepada Masyarakat dan juga Kelompok Batik Bakaran sebagai Pendidik. Dalam berperan sebagai pendidik ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Batik Bakaran dalam mencapai tujuan yang diingkan oleh kelompok yaitu: Pertama, peningkatan Kesadaran Kepada Masyarakat, hal ini bertujuan untuk menyadarkan minat masyarakat untuk mengenal batik tidak hanya produknya saja melaikan proses pembuatan dan melestrikannya. Kedua, pemberian informasi. Dari kegiatan ini masyarakat akan mengenal lebih luas produk batik dari Desa Bakaran sendiri, yaitu melalui ajakan secara persuasif serta mengadakan pameran. Ketiga, pelatihan Kepada Masyarakat, melalui hal ini masyarakat yang berminat untuk belajar membatik akan mengaktualisasikan dirinya dalam kegiatan tersebut. Hasil kegiatan Kelompok Batik Bakaran yaitu proses pelatihan ketrampilan membatik, kebijakan pemakaian Batik Bakaran sebagai seragam PNS Kabupaten Pati juga merupakan pendukung kelestarian produk batik di Desa Bakaran. Motif klasik harus tetap dilestarikan agar tidak punah. Cara melestarikannya dengan tetap memproduksi batik motif klasik walau hanya dalam jumlah yang sedikit. Peran Kelompok Batik Bakaran tidak hanya untuk melestarikan potensi lokal melainkan juga mampu dalam meningkatkan kesejahteraan masyrakat di Desa Bakaran. Para pengrajin batik yang telah berkompeten mampu untuk mandiri dalam membatik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan masyarakat; Pemberdayaan masyarakat; Potensi lokal; Industri rumah tangga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:25
Last Modified: 22 May 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics