Strategi pengembangan pariwisata halal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang

Ahmadi, Erwin (2019) Strategi pengembangan pariwisata halal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wisata halal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya. Wisata halal merupakan konsep wisata yang memudahkan wisatawan Muslim untuk memenuhi kebutuhan berwisata. Segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan agama Islam dalam pariwisata halal Kebutuhan itu antara lain: adanya rumah makan bersertifikasi halal, tersedianya masjid/musholla di tempat umum, jika adanya fasilitas kolam renang harus terpisah antara pria dan wanita, pariwisata halal dipandang sebagai cara baru untuk mengembangkan pariwisata yang menjunjung tinggi budaya dan nilai-nilai Islami. Sehingga penulis mengambil judul “Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang”. dengan rumusan masalah : Bagaimana Strategi Pengembangan Pariwisata Halal dan Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, tempat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dengan metode pengumpulan data, Observasi, Wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Untuk landasan teorinya yaitu teori strategi, pengembangan pariwisata dan pariwisata halal. Hasil yang diperoleh peneliti dari Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang ialah: 1. Melakukan pembinaan kepada masyakat yang ingin menjadi Pramuwisata Profesional di bidang Pariwisata Halal. 2. Melakukan promosi dan sosialisasi melalui media social maupun even-even untuk mengenalkan dan memahamkan tentang wisata halal. 3. Bekerjasama dengan badan sertifikasi halal MUI dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mendapatkan sertifikasi produk halal untuk pelaku usaha kuliner dan rumah makan. 4. Serta membuatkan paket wisata halal ke Biro Perjalanan Wisata. Serta melakukan perbaikan dan pengembangan di beberapa Objek wisata yang ada di Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorCholiq, AbdulNIDN2023085401
Thesis advisorSuryorini, ArianaNIDN2030097702
Uncontrolled Keywords: Pariwisata halal; Pengembangan wisata
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:03
Last Modified: 13 Apr 2020 03:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item View Item