Analisis penerapan prinsip good corporate governance dalam pengelolaan dana desa oleh pemerintah desa di Desa Kebowan Kecamatan Winong Kabupaten Pati

Milatusholihah, Ana (2019) Analisis penerapan prinsip good corporate governance dalam pengelolaan dana desa oleh pemerintah desa di Desa Kebowan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan terkait dengan penerapan prinsipprinsip good corporate governance dalam pengelolaan dana desa oleh pemerintah desa dengan perspektif akuntansi sektor publik di Desa Kebowan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui penerapan prinsipprinsip good corporate governance dalam pengelolaan dana desa oleh pemerintah Desa Kebowan. Penelitian ini dilakukan karena Meskipun letaknya yang strategis, tapi pengembangan ekonomi masyarakat Desa Kebowan masih belum berkembang dengan cepat dari tahun ke tahun. Pengelolaan BUMDES juga belum ada. Daya tangkap masyarakat akan informasi pengelolaan dana desa juga masih kurang. Terlebih papan informasi atau banner mengenai realisasi anggaran atau APBDesa juga masih kurang. Penelitian ini dilakukan di Desa Kebowan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Sebagai informan yang terpilih adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara secara mendalam, pengamatan langsung dan dengan dokumentasi pada pengelolaan dana desa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan prinsip-prinsip good corporate governance di Desa Kebowan sudah berjalan baik tapi masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi. Ketidakoptimalan penerapan prinsip-prinsip good corporate governance di Desa Kebowan adalah karena masih kurangnya koordinasi yang baik antar perangkat desa. Selain itu masih minimnya pendidikan para perangkat desa membuat kurang optimalnya penyelesaian tugas masing-masing perangkat desa. Sedangkan Dalam perspektif akuntansi sektor publik, Desa Kebowan sudah melaksanakan elemen-elemen yang ada di dalam akuntansi sektor publik, meskipun dalam penerapannya masih banyak kekurangan. Kekurangan dalam penerapannya ini disebabkan karena desa adalah pemerintah lapisan terbawah, jadi sistem di desa belum sistematis seperti pada pemerintah di atasnya misalkan kabupaten atau provinsi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorArifin, JohanNIDN2008097101
Thesis advisorAfendi, ArifNIDN2026058501
Uncontrolled Keywords: Dana desa; Good corporate governance; Pemerintah desa; Akuntansi sektor publik
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 04:14
Last Modified: 13 Apr 2020 04:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11053

Actions (login required)

View Item View Item