Surat berharga syariah negara (SBSN) dalam pembiayaan infrastruktur di Indonesia periode 2014-2018

Dewi, Ade Irma Prisilia (2019) Surat berharga syariah negara (SBSN) dalam pembiayaan infrastruktur di Indonesia periode 2014-2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara dalam pembiayaan infrastruktur di Indonesia. Juga untuk mengetahui seberapa besar peluang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara sebagai salah satu instrumen pembiayaan pembangunan infrastruktur dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Serta untuk mengetahui sejauh mana kontribusi Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) terhadap pembangunan infrastruktur Indonesia. Yang menjadi objek dalam penelitian kali ini adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara sebagai instrumen pembiayaan infrastruktur. Data pada penelitian kali ini diambil dari data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai laju pertumbuhan perekonomian Indonesia dan data dari Otoritas Jasa Keuangan mengenai perkembangan sukuk negara. Kementrian Keuangan yaitu data mengenai laporan perkembangan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara data mengenai alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk infrastruktur, serta data alokasi dan realisasi proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang dibiayai oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara.

Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara telah memainkan peran penting dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Alokasi anggaran infrastruktur Indonesia meningkat secara bertahap. Sejumlah proyek yang terdaftar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang secara khusus dipilih untuk dibiayai oleh khusus. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) seri Project Based Sukuk inilah yang secara khusus digunakan untuk mendukung pembiayaan infrastruktur dan juga untuk menutupi defit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dan sejak diterbitkannya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur telah mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Surat Berharga Syariah Negara (SBSN); Infrastruktur; Project Based Sukuk (PBS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 04:17
Last Modified: 03 Jun 2021 08:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11054

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics