Pengaruh pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan umur perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) tahun 2013-2017

Qodriyah, Muhlifatul (2019) Pengaruh pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) dan umur perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) tahun 2013-2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan merupakan salah satu bentuk kepedulian sebuah perusahaan terhadap lingkungan. Saat ini tanggung jawab sosial bertujuan untuk memaksimalkan laba tetapi juga dituntut untuk lebih mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan stakeholder-nya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan bukti empiris pengaruh CSR terhadap profitabilitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Profitabilitas (ROA) pada perusahaan yang dikelola dalam Jakarta Islamic Index (JII) dari tahun 2013 sampai 2017. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR), dan Umur sebagai variabel independen, dan profitabilitas (ROA) sebagai variabel depeden. Sampel ini terdiri dari tujuh perusahaan manufaktur, yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) dan telah mengirimkan laporan keuangannya ke Bursa Efek Indonesia pada periode 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan antara ISR, dan umur perusahaan terhadap ROA. Penelitian ini juga menggunakan uji-T untuk menguji korelasi parsial masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Menurut hasil analisis T-test, , menunjukkan bahwa variabel Islamic Social Reporting (ISR) dan variabel umur perusahaan sama-sama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas (ROA).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; perusahaan manufaktur; Return On Asset (ROA; Islamic Social Reporting; Umur Perusahaan; Jakarta Islamic Indeks (JII)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Apr 2020 04:20
Last Modified: 03 Jun 2021 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics