Analisis pengaruh kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, produk halal terhadap keputusan pembelian online pada mahasiswa prodi ekonomi Islam angkatan 2016-2018 UIN Walisongo di marketplace Shopee

Rohmah, Hariyanti (2019) Analisis pengaruh kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi, produk halal terhadap keputusan pembelian online pada mahasiswa prodi ekonomi Islam angkatan 2016-2018 UIN Walisongo di marketplace Shopee. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberadaan online shop banyak memberikan keuntungan, salah satunya adalah memberikan kemudahan dalam jual beli yang efektif bagi masyarakat. Shopee adalah salah satu platform online shop yang mempunyai banyak pengguna. Hal ini tidak terlepas dari adanya kepercayaan yang dibangun oleh marketplace tersebut. Kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi menjadi aspek penting bagi para marketplace untuk menarik minat pelanggan. Produk halal adalah syarat khusus yang diberikan untuk pelanggan yang beragama muslim, agar
terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh syara‟ terhadap keputusan pembelian dalam marketplace tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi dan produk halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada mahasiswa prodi Ekonomi Islam angkatan 2016-2018 UIN Walisongo di marketplace Shopee. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket melalui google form. Model regresi yang digunakan adalah metode
analisis regresi linear berganda.

Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kemudahan, kualitas informasi dan produk halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee. Berdasarkan koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,474 yang berarti 47,4% dipengaruhi oleh variabel kepercayaan, kemudahan,
kualitas informasi dan produk halal. Sedangkan 52,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Mahasiswa; Toko online; Kepercayaan; Kemudahan; Kualitas Informasi; Produk halal; Keputusan pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 03:30
Last Modified: 14 Apr 2020 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11065

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics