Impelementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam profesionalitas amil zakat : studi kasus di NUCARE-LAZISNU Jawa Tengah

Fitria, Yasmina Nurul (2019) Impelementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam profesionalitas amil zakat : studi kasus di NUCARE-LAZISNU Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Zakat adalah salah satu pilar (rukun) dalam Islam yang kaitannya erat dengan faktor ekonomi. Secara tekstual amil zakat dalam QS. at-Taubah ayat 60, memiliki peran penting, baik dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat, maupun dalam usaha melakukan pendayagunaan ekonomi masyarakat untuk tercapainya kesejahteraan dan terbebas dari kemiskinan. Badan amal zakat seyogyanya mampu menunjukkan kekuatan komitmen dan integritas pada manajemen pelaksanaan zakat, tampaknya perlu membangun nuansa sosiologis yang mampu mendorong lahirnya gerakan zakat.

Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui implementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam profesionalitas amil zakat di NUCARE-LAZISNU Jawa Tengah sehingga skripsi ini berjudul “Implementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam Profesionalitas Amil Zakat (Studi Kasus di NUCARE-LAZISNU Jawa Tengah). Analisis yang digunakan penelitian ini meliputi dua metode, antara lain:
1) Analisis metode deskriptif kualitatif, yang ditetapkan dengan tujuan menjelaskan suatu tabel ataupun gambar.
2) Analisis statistik, yang menggunakan metode persentase Champion dengan tujuan untuk menjawab hipotesis bagaimana implementasi Good Corporate Governance (GCG) dalam profesionalitas amil zakat Lembaga Amil Zakat (LAZ) NUCARE-LAZISNU Jawa Tengah?.

Hasil penelitian yang peneliti peroleh bahwa implementasi Good Corporate Governance (GCG) baik dalam profesionalitas amil zakat Lembaga Amil Zakat (LAZ) NUCARE-LAZISNU Jawa Tengah. Implementasi Good Corporate Governance (GCG) dijelaskan secara deskriptif begitupula dengan profesionalitas amil zakat secara apa adanya sesuai data di lapangan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, daftar pernyataan (Metode Champion) dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; Lembaga amil zakat; Good Corporate Governance; Profesionalitas amil zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 04:06
Last Modified: 14 Apr 2020 04:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11073

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics