Kesejahteraan karyawan pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Syariah Semarang : analisis dalam perspektif ekonomi Islam

Ningrum, Dewi Ratna (2019) Kesejahteraan karyawan pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Syariah Semarang : analisis dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Dewi Lengkap edit.pdf]
Preview
Text
Dewi Lengkap edit.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Karyawan sebagai salah satu aset perusahaan yang penting. Karyawan yang memiliki kualitas dan kuantitas baik dapat membantu perusahaan dalam mencapai keberhasilan. Semakin tinggi kinerja yang diberikan karyawan, maka semakin tinggi pula kompensasi yang didapat. Sehingga terciptanya kesejahteraan dalam hidupnya. PT. Asuransi Jasa Indonesia Syariah merupakan perusahaan asuransi syariah yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan karyawannya. Namun, jumlah kompensasi yang diinginkan para karyawan sering kali bertentangan dengan kehendak perusahaan. Kompensasi yang diberikan kepada karyawan belum keseluruhan sesuai dengan UMR karena kompensasi yang diberikan akan sesuaikan dengan tingkat pendidikan dan jabatannya.

Tujuan penelitian ini memfokuskan pada penerapan program kesejahteraan karyawan yang dilakukan oleh karyawan PT. Asuransi Jasa Indonesia Syariah Semarang ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research), penelitian ini memiliki dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, data dianalisis menggunakan metode deskriptif-analitis.

Berdasarkan hasil penelitian menyatakan: 1.) Penerapan program kesejahteraan karyawan di PT. Asuransi Jasa Indonesia Syariah Semarang meliputi pemberian uang makan, uang transportasi, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), pemberian tunjangan pensiun, jaminan kesehatan, penyediaan fasilitas ibadah, kebijakan cuti, dan reward/penghargaan. 2.) Kesejahteraan karyawan PT. Asuransi Jasa Indonesia Syariah Semarang jika ditinjau dari ekonomi islam, dapat dikatakan sudah tercapai tingkat kesejahteraannya yang telah melengkapi lima indikator kesejahteraan dalam perspektif ekonomi islam dapat dilihat dalam beberapa hal diantaranya agama, jiwa, akal, keturunan dan harta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Karyawan; Ekonomi Islam; Asuransi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 31 Mar 2020 00:25
Last Modified: 31 Mar 2020 00:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11075

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics