Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan, sosialisasi, dan citra lembaga terhadap keputusan wakif untuk berwakaf : studi kasus pada wakif di Badan Wakaf Al-Qur’an Cabang Semarang

Sumardi, Sumardi (2019) Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan, sosialisasi, dan citra lembaga terhadap keputusan wakif untuk berwakaf : studi kasus pada wakif di Badan Wakaf Al-Qur’an Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji tentang pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan, sosialisasi dan citra lembaga terhadap keputusan wakif untuk berwakaf: studi kasus pada wakif di Badan Wakaf Al-Qur‘an cabang Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua wakif yang ada di Badan Wakaf Al-Qur‘an cabang Semarang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari sebagian wakif dengan menggunakan metode purposive sampling. sampel minimum PLS pada penelitian ini sebanyak 40 sampel. Terdapat 45 kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data primer yang dipakai adalah dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan partial least squares (PLS) adalah tekhnik multivariate melalui Smart PLS.

Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh R-Square untuk variabel Keputusan Berwakaf sebesar 0.781. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel Keputusan Berwakaf dapat dijelaskan oleh tingkat pendidikan, pendapatan, sosialisasi dan citra lembaga sebesar 78% sedangkan 22% dijelaskan oleh variabel lain di luar yang diteliti.

Hasil analisis menunjukkan bahwa dari empat variabel yaitu tingkat pendidikan, pendapatan, sosialisasi dan citra lembaga dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pendidikan berpengaruh positif tidaksignifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf. (2) Pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf. (3) Sosialisasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf. (4) Citra Lembaga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan wakif untuk berwakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat pendidikan; Pendapatan; Sosialisasi; Citra lembaga; Keputusan berwakaf; Wakif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 04:22
Last Modified: 14 Apr 2020 04:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11078

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics