Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MI Tarbiyatul Athfal Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Ngadono, Ngadono (2012) Pelaksanaan Pendidikan Karakter di MI Tarbiyatul Athfal Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911085_Coverdll.pdf - Submitted Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911085_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911085_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911085_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911085_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911085_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911085_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di MI Tarbiyatul Athfal Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. 2) Untuk mengetahui problematika pelaksanaan pendidikan karakter di MI Tarbiyatul Athfal Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individu, situasi atau kelompok tertentu secara akurat setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter di MI Tarbiyatul Athfal Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak dilakukan melalui proses penanaman karakter siswa baik di kelas dan diluar kelas, di dalam kelas pendidikan karakter dilakukan dengan memberikan materi yang mengarah pada akhlakul karimah dengan melibatkan partisipasi aktif siswa melalui eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, guru hanya menjadi motivator dan siswalah yang mencari pemahaman secara mandiri maupun kelompok terhadap materi yang diberikan, pelaksanaan di luar sekolah meliputi kegiatan ibadah harian seperti sholat sunah dhuha dan rowatib, sholat berjamaah dhihur dan ashar, dzikir dan doa bersama, membaca al-Quran dan hadist sebelum memulai pelajaran dan membiasakan berperilaku terpuji seperti; siswa membiasakan melaksanakan hal-hal yang positif untuk berbuat kebaikan, beramal saleh, bertingkah laku sopan akan membawa siswa kepada keyakinan yang teguh dan taat menunaikan kewajiban agamanya, melaksanakan 4S yaitu senyum, salam sopan dan santun kepada sesama teman, guru dan semua yang terlibat dalam kehidupan siswa baik di sekolah, rumah maupun masyarakat. Bentuk pendekatan yang digunakan berupa pendekatan penanaman nilai, perkembangan kognitif, klarifikasi nilai dan pembelajaran berbuat, sedangkan yang dilakukan untuk menciptakan karakter akhlakul karimah siswa adalah pembinaan budi pekerti, bersikap jujur, menjaga kepercayaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 07:08
Last Modified: 19 Dec 2013 07:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item View Item