Manajemen dana CSR (corporate social responsibility) di Kecamatan Genuk Kota Semarang

Hidayanti, Nanik (2019) Manajemen dana CSR (corporate social responsibility) di Kecamatan Genuk Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, penerapan manajemen dana CSR di Kecamatan Genuk Kota Semarang. Kedua, analisis manajemen dana CSR di Kecamatan Genuk Kota Semarang berdasarkan regulasi hukum indonesia. ketiga,analisis manajemen dana CSR di Kecamatan Genuk Kota Semarang berdasarkan tinjauan Ekonomi Islam

Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), Sifat penelitian ini adalah deskriptif‐analitik, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, Manajemen dana CSR
(Corporate Social Responsibility) di Kecamatan Genuk Kota Semarang
sudah dilakukan dengan baik. Terbukti dengan dipenuhinya fungsi-fungsi manajemen. Adapun fungsi manajemen terdiri dari: 1) perencanaan meliputi: mengagendakan rapat internal, merumuskan bentuk kegiatan, mengagendakan rapat bersama dengan perangkat kelurahan-kelurahan dalam perencanaan program. 2) Tahap pengorganisasian, Kecamatan Genuk mempunyai struktur keorganisasian yang jelas. Selain memiliki struktur organisasi pelayanan yang Kecamatan Genuk juga mempunyai struktur keoragnisasian bidang pengelolaan dana social yang disebut Tim pelaksana CSR Kecamatan. 3) Tahap pelaksanaan, dilakukan dengan cara melakukan rapat internal, survey, menetukan program kegiatan, melakukan rapat bersama dengan perangkat kelurahan-kelurahan,
melakukan pembinaan kepada masing-masing lurah, melakukan
pendampingan, mencocokan data warga miskin penerima bantuan, dan mengirimkan surat pertanggung jawaban (SPJ) kepada PEMKOT Semarang. 4) Tahap pengawasan, meliputi: pencocokan data warga miskin dengan data base kecamatan, pendampingan dalam penyerahan CSR kepada warga miskin terdampak banjir dan rob, pelaporan program pelaksanaa program CSR melalui pengiriman laporan pertanggung jawaban (SPJ) kepada PEMKOT Semarang.

Kedua, Analisis manajemen dana CSR (Corporate Social
Responsibility) ) di Kecamatan Genuk Kota Semarang berdasarkan regulasi CSR di Indonesia tidak terdapat pelanggaran dari ketentuan undang- undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. , peraturan pemerintah (PP) nomor 47/2012 tentang tanggung jawab sosialdan peraturan daerah Kota Semarang Nomor 7 Tahun 2015.

Ketiga, Peraturan DaerahAnalisis Manajemen Dana CSR di
Kecamatan Genuk Kota Semarang Berdasarkan Tinjauan Ekonomi
Islam. Berdasarkan tinjauan Ekonomi Islam program CSR PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Kecamatan Genuk telah sesuai dengan prinsip syariah, dimana pelaksanaan CSR telah diisi dengan pemberian zakat perusahaan oleh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk selaku muzzaki kepada masyarakat di Kecamatan Genuk yang dilanda banjir dan rob selaku mustahiq. Meskipun belum mencapai tahap mensejahterakan masyarakat di Kecamatan Genuk akan tetapi batuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang pada waktu tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dana; Corporate Social Responsibility (CSR); Tanggung jawab sosial perusahaan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:20
Last Modified: 07 Apr 2020 04:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics