Pengaruh alat pembayaran menggunakan kartu (APMK), gaya hidup dan religiusitas terhadap perilaku konsumis rumah tangga : studi di Kecamatan Semarang Utara

Fatimah, Titin (2019) Pengaruh alat pembayaran menggunakan kartu (APMK), gaya hidup dan religiusitas terhadap perilaku konsumis rumah tangga : studi di Kecamatan Semarang Utara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), gaya hidup, dan
religiusitas terhadap perilaku konsumsi rumah tangga. Penelitian sebelumnya juga sudah pernah dilakukan, namun terdapat perbedaan objek dan hasil, maka dari gap reseach tersebut saya melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Semarang Utara, Semarang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan
mengumpulkan data melalui kuesioner, dengan jumlah sampel 99 sampel pada masyarakat di Kecamatan Semarang Utara yang sudah berumah tangga. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), dengan teknik analisis data (uji analisis deskriptif dan analisis berganda) dan uji hipotesis (uji determinasi (R2), uji signifikansi simultan/uji f, dan uji signifikansi parameter individual/uji t). Dengan pengolahan data menggunakan SPSS 16.0.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Alat
Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumsi rumah tangga. Hasil ini dapat dilihat dari nilai t-hit 1,361 lebih kecil dari nilai t tabel 1,985, dan dilihat dari nilai signifikansi pada 0,177 lebih besar dari 0,05. 2) Gaya Hidup
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi rumah tangga. Hasil ini dapat dilihat dari nilai t-hit 3,385 lebih besar dari t tabel 1,985 dan nilai signifikansi pada 0,001 lebih kecil dari 0,05. 3)
Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi rumah tangga. Hasil ini dapat dilihat dari nilai t hit 4,385 lebih besar dari t tabel 1,985, dan nilai signifikansi pada 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumsi; Rumah tangga; Alat pembayaran; Kartu kredit; Gaya Hidup; Religiusitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 06:34
Last Modified: 07 Apr 2020 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics