Analisis pengaruh promosi, citra merek, dan fitur terhadap keputusan pembelian handphone Samsung : studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2019

Setyaningsih, Dian (2019) Analisis pengaruh promosi, citra merek, dan fitur terhadap keputusan pembelian handphone Samsung : studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang angkatan 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Melihat pengguna smartphone sekarang sudah menjadi kebutuhan untuk masyarakat di Indonesia, sehingga pengguna smartphone pun semakin meningkat. Salah satu penjualan smartphone yang mengalami posisi teratas dari pada smatrphone lainnya yaitu
smartphone Samsung. Keputusan konsumen dalam memilih smartphone perlu banyak pertimbangan seperti promosi, citra merek dan fitur. Ketiga faktor tersebut menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Penelitian ini mendasarkan pada research gap. Dengan rumusan masalah apakah promosi, citra merek dan fitur berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Samsung.

Penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Dengan sumber data dalam penelitian tersebut
menggunakan data primer, pengumpulan data dengan cara
penyebaran kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2019. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah responden yang sebanyak 85 responden dan didukung pula dengan data sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh promosi, citra merek dan fitur terhadap keputusan pembelian handphone Samsung. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen pertanyaan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t, uji f,
dan koefisien determinasi (R2), dengan olahan data menggunakan program SPSS 22.0.

Hasil penelitian ini dengan menggunakan program SPSS 22.0
menunjukkan bahwa nilai t hitung masing-masing variabel variabel bebas yaitu promosi sebesar 2.188, citra merek sebesar 4.906, dan fitur sebesar 3.283, sedangkan untuk nilai t tabel sebesar 1.663 (thitung>t tabel) yang berarti variabel promosi, citra merek dan fitur berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0.607 atau
60% yang berarti kontribusi variabel-variabel independen sebesar 60% dan sisanya 40% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Mahasiswa; Keputusan pembelian; Promosi; Citra Merek; Fitur; Smartphone
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 04:30
Last Modified: 15 Jul 2021 14:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11089

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics