Dampak wisata religi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : studi kasus di Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak

Azizah, Olivia Nur (2019) Dampak wisata religi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat : studi kasus di Makam Sunan Kalijaga Kadilangu Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. pariwisata ditunjukkan untuk meningkatkan pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, memperluas dan meratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, mendorong pembangunan daerah, memperkenalkan dan mendayagunakan obyek daya tarik wisata di Indonesia. Kabupaten Demak memiliki pariwisata yang bernuansa religi salah satunya berada di Kadilangu yaitu Makam Sunan Kalijaga Demak. Banyak pengunjung yang datang untuk berziarah, lambat laun makam tersebut menjadi suatu daerah tujuan wisata. Dengan lokasi yang strategis dan banyaknya pengunjung membuat masyarakat Kadilangu banyak yang berdagang untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif yang dilakukan secara langsung ke lapangan. Kemudian akan di deskripsikan berdasarkan data yang di peroleh dari Makam Sunan Kalijaga Kadilangu kabupaten Demak dengan menggunakan teori sesuai dengan permasalahan yang ada, sehingga akan diperoleh hasil analisis mengenai dampak wisata religi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Makam Sunan Kalijaaga Kadilangu Demak. Wisata religi Makam Sunan Kalijaga Kadilangu memiliki banyak pengunjung dari berbagai daerah yang memiliki motif yang beragam seperti motif keagamaan dan motif budaya. Kesejahteraan masyarakat Kadilangu meningkat pada tahun berikutnya hal ini dapat dilihat dari dapat terpenuhinya kebutuhan pokok dan menurunya bantuan pangan non tunai dari pemerintah. Dalam upaya peningkatan kesejahteraan di Kadilangu, masyarakat di kelurahan Kadilangu dinilai dapat meningkat kesejahteraannya karena adanya wisata religi Makam Sunan Kalijaga. Dapat dilihat dari meningkatnya pendapatan masyarakat setelah berdagang dari pada sebelumnya yang hanya memiliki upah kecil saat bekerja di tempat lain yang tidak dapat memenuhi kebutuhan ekonomi yang semakin banyak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMuchamad, FauziNIM2017027302
Thesis advisorMuheramtohadi, SinggihNIM2031108201
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan masyarakat; Pariwisata; Wisata religi; Makam Sunan Kalijaga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 06:45
Last Modified: 07 Apr 2020 06:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11093

Actions (login required)

View Item View Item