Analisis pengembangan wisata syariah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah

Alfin Afuan, Mohamad (2019) Analisis pengembangan wisata syariah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dengan meningkatnya peradaban manusia, dorongan untuk melakukan perjalanan semakin kuat, kebutuhan yang harus dipenuhi harus kompleks, di mana pada saat ini kegiatan perjalanan khususnya perjalanan wisata yang merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk dapat dipenuhi, terutama bagi penduduk dari negara-negara yang telah maju dan berkembang dalam kehidupannya. Dan saat ini wisata syariah yang bisa jadi wisata yang menarik adalah Masjid. Salah satu masjid yang sangat terkenal di Kota Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid ini tidak hanya sekedar menjadi tempat ibadah atau sembahyang saja akan tetapi Masjid Agung Jawa Tengah ini menjadi salah satu wisata religi yang berada di Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah diharapakan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya, khususnya masyarakat kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui pengembangan wisata syariah di Masjid Agung Jawa tengah Kecamatan Gayamsari; (2) Mengetahui pengembangan wisata syariah yang bermanfaat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah terhadap pandapatan masyarakat Kecamatan Gayamsari. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui, mendeskripsikan, menganalisis, mengungkapkan hasil pengembangan wisata syariah di Masjid Agung Jawa tengah Kecamatan Gayamsari serta mengungkapkan manfaat dari pengembangan wisata syariah di Masjid Agung Jawa Tengah terhadap pandapatan masyarakat Kecamatan Gayamsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu masalah. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder, diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pertama Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai tiga kriteria pengembangan wisata agar obyek destinasi wisata tersebut dapat diminati pengunjung, yaitu: something to see, someting to do, someting to buy. 2) Di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah terdiri dari 4 wilayah yaitu wilayah selatan, timur, utara dan barat. Dan wilayah barat adalah wilayah yang mana kurang mendapat manfaat dari berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah. Sedangkan untuk wilayah selatan, timur, dan utara mengakui bahwa Masjid Agung Jawa Tengah memberikan manfaat untuk peningkatan pendapatan mereka.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorWahab, WahabNIDN2008096902
Thesis advisorZaenuri, ZaenuriNIDN2015036101
Uncontrolled Keywords: Wisata syariah; Pendapatan masyarakat; Masjid Agung Jawa Tengah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 06:51
Last Modified: 07 Apr 2020 06:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11098

Actions (login required)

View Item View Item