Pengaruh promosi, motivasi, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunkan jasa layanan gadai pada Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang

Sa'adah, Himmatus (2019) Pengaruh promosi, motivasi, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunkan jasa layanan gadai pada Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
promosi, motivasi, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa layanan gadai. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah Pegadaian Syariah Cabang Kaligarang. Tehnik pengambilan sample menggunakan purpose sampling dan menghasilkan 100 responden dan diolah menggunakan program SPSS. Tehnik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Uji statistic yang terdiri dari koefisien
determinasi (R2), uji t, dan uji F. uji asumsi klasik yang terdiri dari normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedasitas, dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa promosi dan pelayanan berpengaruh positif secara parsial
terhadap keputusan nasabah, dibuktikan dari t hitung seluruh tabel lebih besar dari t tabel. Sedangkan motivasi berpengaruh negatif terhadap keputusan nasabah. Kemudian varibel promosi, motivasi, dan pelayanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan sebesar 9,629 lebih besar dari F tabel 2,70. Sedangkan koefisien determinasi (R2) diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,231,
secara keseluruhan promosi, motivasi, dan pelayanan berpengaruh sebesar 23,1% terhadap keputusan nasabah dan sisanya 76,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Layanan gadai; Pegadaian syariah; Promosi; Motivasi; Pelayanan; Keputusan nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Apr 2020 05:08
Last Modified: 14 Apr 2020 05:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics