Analisis model transaksi bisnis : studi kasus Ibu Organik Semarang dalam perspektif ekonomi Islam

Destiani, Ita (2019) Analisis model transaksi bisnis : studi kasus Ibu Organik Semarang dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
NIM1705026193.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sistem teknologi informasi melalui media elektronik dan media sosial menjadikan kegiatan muamalah semakin berkembang pesat. Pertanian organik di Indonesia juga memiliki potensi untuk dikembangkan dan dijadikan bisnis. Hal ini mengingat perhatian masyarakat terhadap pertanian organik semakin meningkat dan trend hidup sehat mulai gencar dan digalakan oleh masyarakat. Peluang ini menjadikan Ibu Organik Semarang membuka bisnis penjualan sayur, buah, dan rempah organik yang penjualananya sebagian besar online. Sisi positif dari adanya kemudahan teknologi informasi menjadikan terbukanya peluang bisnis yang lebih luas dan terbuka. Hal ini membuat sistem dan model akad transaksi jual beli semakin beragam. Bermodalkan smartphone dan internet yang kini ada di gengagaman masyarakat, transaksi jual beli semakin mudah tanpa adanya tatap muka langsung antara penjual dan pembeli serta tidak terikat jarak dan waktu. Permasalahan yang muncul dari adanya kemudahanini, adalah apakah sistem dan model akad transaksi jual beli yang semakin beragam telah memenuhi rukun dan syarat jual beli dan terbebas dari riba, gharar, dan maysir. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimanakah perspektif ekonomi Islam terkait dengan model transaksi bisnis yang dijalankan Ibu Organik Semarang secara online maupun offline dan resiko bisnis apa yang terkandung di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitif yaitu menguraikan dari hasil pokok permasalahan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Ibu Organik Semarang belum memiliki tim manajemen khusus untuk pengelolaan resiko yang berfungsi untuk mencegah resiko dan penanggulangan resiko pada pertanian organik dan model transaksi bisnis yang terjadi di dalamnya. Menurut perspektif ekonomi Islam penerapan model transaksi bisnis Ibu Organik Semarang kurang tepat karena dapat menyebabkan munculnya dua akad dalam satu transaksi. Dua akad yang ada dalam model transaksi bisnis Ibu Organik Semarang adalah ba’i munajjaz al-tsaman dan ba’i al muajjal. Ba’i munajjaz al-tsaman adalah jual beli dengan harga yang di bayar tunai saat akad. Sedangkan ba’i al muajjal adalah jual beli yang mana pembayarannya tunda, atau penyerahan harganya ditunda sesuai waktu yang disepakati. Jadi dalam menjalankan bisnis, Ibu Organik Semarang diharapkan memiliki tim khusus untuk manajemen resiko dan lebih hati-hati dalam menerapkan model transaksi bisnisnya agar sesuai dengan model transaksi bisnis ekonomi Islam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorHuda, ChoirulNIDN2009017601
Thesis advisorFataron, Zuhdan AdyNIDN2008038401
Uncontrolled Keywords: Transaksi bisnis; Jual beli online; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:24
Last Modified: 07 Apr 2020 03:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11113

Actions (login required)

View Item View Item