Strategi pengembangan bisnis dengan pendekatan analisis SWOT dalam perspektif ekonomi Islam pada usaha sprei lukis Bali “Mustika” di Kabupaten Batang

Khamidah, Nurul (2019) Strategi pengembangan bisnis dengan pendekatan analisis SWOT dalam perspektif ekonomi Islam pada usaha sprei lukis Bali “Mustika” di Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1705026202.pdf]
Preview
Text
NIM1705026202.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kondisi suatu usaha yang saat ini mengalami ketidakstabilan (fluktuatif) terhadap perkembangan usahanya. Untuk mengatasi kendala tersebut dibutuhkan formulasi strategi. Penelitian ini dilakukan untuk bagaimana strategi pengembangan bisnis dengan pendekatan analisis SWOT dalam perspektif ekonomi Islam pada usaha sprei lukis Bali “Mustika” di Kabupaten Batang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Yaitu menganalisis sumber data yang sudah terkumpul mengenai penerapan strategi pengembangan bisnis dalam perspektif ekonomi Islam dan Analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan kepada usaha sprei lukis Bali “Mustika” di Kabupaten Batang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), observasi dan data sekunder. Hasil analisis peneliti mengenai penelitian ini, bahwa analisis strategi pengembangan bisnis dalam perspektif ekonomi Islam yang diterapkan pada usaha tersebut sesuai dengan perspektif ekonomi Islam atau berpedoman pada kitab suci Al-Qur‟an dan sabda Rasullullah saw namun dalam analisis menggunakan matriks SWOT bahwa formulasi strategi yang tepat untuk mengatasi terjadinya fluktuatif pada usaha sprei lukis Bali “Mustika” di Kabupaten Batang adalah meningkatkan strategi pengembangan untuk semua jenis produk yang ditawarkan kepada pelanggan, menerapkan strategi penentuan harga yang tepat, menentukan tempat yang strategis serta menerapkan strategi promosi yang efektif sesuai perkembangan zaman sekarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan bisnis; Ekonomi Islam; Analisis SWOT; Industri rumah tangga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:56
Last Modified: 07 Apr 2020 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11116

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics