Pengaruh pengetahuan, lingkungan sosial, dan lokasi bank syariah terhadap minat menabung santri di bank syariah : studi kasus santri Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Mangkang Kulon, Tugu, Semarang

Casvi, Fifin Zuriatul (2019) Pengaruh pengetahuan, lingkungan sosial, dan lokasi bank syariah terhadap minat menabung santri di bank syariah : studi kasus santri Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Mangkang Kulon, Tugu, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1505036040.pdf]
Preview
Text
NIM1505036040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan bank yang opeasionalnya menggunakan prinsip-prinsip syariah sesuai dengan Al-Qur’an dan hadist. Bank syariah hadir untuk membantu kesejahteraan perekonomian masyarakat muslim. Saat ini masih banyak dari masyarakat yang belum memahami sepenuhnya tentang bank syariah. Persepsi mereka terhadap kesyariahan bank syariah, riba, bunga, dan bagi hasil masih beragam, kebanyakan dari mereka masih belum paham dan belum tahu istilah-istilah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, lingkungan sosial, dan lokasi bank syariah terhadap minat santri menabung di bank syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Raudlatul Qur’an Mangkangkulon, Tugu, Semarang.
Penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui kuesioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran skala likert. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 responden dibagikan kepada santri Ponpes Raudlatul Qur’an Semarang secara acak. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengetahuan dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung santri di bank syariah dengan nilai t-hitung sebesar 4,293 dengan signifikansi sebesar 0,000 dan t-hitung sebesar 3,748 dengan signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan lokasi bepengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menabung santri di bank syariah dengan nilai t-hitung sebesar -0,047 dan nilai signifikansinya adalah 0,963.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat Menabung; Bank syariah; Santri; Pondok pesantren; Pengetahuan; Lingkungan sosial; Lokasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:17
Last Modified: 03 Jul 2021 04:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics