Analisis literasi perbankan syariah pada tenaga kependidikan UIN Walisongo Semarang

Kahenni, Kahenni (2019) Analisis literasi perbankan syariah pada tenaga kependidikan UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1505036086.pdf]
Preview
Text
NIM1505036086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi keuangan saat ini menjadi salah satu fokus kebijakan pemerintah di berbagai negara termasuk di indonesia. Literasi keuangan syariah di Indonesia saat ini masih rendah dibanding dengan literasi keuangan konvensional mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim tebesar di dunia. Tenaga kependidikan di UIN Walisongo telah menjadi nasabah bank syariah namun untuk literasinya masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi perbankan syariah pada tenaga kependiidkan UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan sampel yang digunakan purposive sampling. penelitian ini berdasarkan data primer berupa kuesioner dan wawancara.hasil penelitan menunjukkan bahwa literasi perbankan syariah ditinjau dari beberapa aspek yaitu pengetahuan, keyakinan dan sikap saat ini cukup baik (sufficient literate) . tenaga kependidikan mengetahui perbankan syariah mulai dari produk, akad dan sistem operasionalnya, serta memiliki keyakinan bank syariah sudah sesuai dengan prinsip syariah dan terbebas dari riba. dan yang terakhir memiliki sikap yang baik dan loyal terhadap bank syariah dan bersedia untuk merekomendasikan bank syariah kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi perbankan syariah; Tenaga kependidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:41
Last Modified: 11 Jun 2021 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics