Dinamika Demokrasi Desa (Studi Analisis Strategi Kandidat Pemenang Pilkades 2018 di Desa Tegalsari Barat Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang)

Rizqianah, Fatkhuliyah (2019) Dinamika Demokrasi Desa (Studi Analisis Strategi Kandidat Pemenang Pilkades 2018 di Desa Tegalsari Barat Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
NIM1506016033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa adalah embrio bagi terbentuknya masyarakat politik pemerintahan di Indonesia dan basis bagi demokrasi bangsa, salah satunya dapat ditunjukkan melalui aktivitas pemilihan kepala desa (Pilkades). Aktivitas pemilihan kepala desa merupakan aktivitas politik yang menunjukkan bagaimana proses demokrasi terjadi di desa. Pilkades konon dianggap sebagai arena demokrasi yang paling nyata di desa, karena dalam Pilkades terjadi kompetisi yang bebas, partisipasi masyarakat, pemilihan secara langsung dengan prinsip one man one vote (satu orang satu suara). Pilkades tidak dapat dilepaskan dari perkembangan dinamika politik yang terjadi di desa. Pilkades semata mata perebutan kekuasaan dalam rangka suksesi kepemimpinan di desa atau bagaimana strategi kampanye dilakukan agar mendapat dukungan politik dari masyarakat desa. Pilkades pada tahun 2018 memiliki partisipasi yang cukup tinggi dari masyarakat dilihat dari kandidat yang mengikuti kompetsisi ini lebih dari 5 kandidat yang pada akhirnya diadakan seleksi melalui tes tertulis. Kandidat Pilkades memiliki latar belakang yang berbeda-beda mulai dari PNS, perangkat desa, guru, ibu rumah tangga, dan pengurus majelis. Permasalahan dari penelitian ini yaitu bagaiamana strategi kandidat terpilih dalam memobilisasi dukungan politik pada pemilihna kepala desa di Desa Tegalsari Barat. Penelitia ini merupakan penelitian kualitiatif dan pendekatan naratif dengan tujuan mengamati serta menganalisis lapangan dan dikaitkan dengan teori. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Demokrasi di Desa Tegalsari Barat belum bisa dikatakan sehat hal ini dikarenakan masih ditemukan penggunaan money politic dalam memperoleh dukungan suara. Masing-masing kandidat menggunakan strategi yang tidak disadari oleh banyak masyarakat. Solihin misalnya, ia merupakan kandidat pendatang baru yang telah mengalahkan petahana, strategi yang digunakan Solihin cukup menarik dengan ia melakukan pendekatan dengan berbagai organisasi yang ada di Desa Tegalsari Barat ia mampu memobilisasi dukungan suara yang bagus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorFanani, MuhyarNIDN2030097801
Thesis advisorMahsun, MuhammadNIDN2025118501
Uncontrolled Keywords: Demokrasi; Pilkades
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 321 Systems of governments and states
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 21 Apr 2020 23:18
Last Modified: 21 Apr 2020 23:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11144

Actions (login required)

View Item View Item