Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi di Desa Wonodadi Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal)

Izza, Ana Ni'matul (2019) Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi di Desa Wonodadi Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
NIM1506026054.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebijakan pemerintah tentang program keluarga harapan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat miskin berdasarkan persyaratan dan ketentuan tertentu. Penelitian ini menjelaskan tentang permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana pelaksanaan PKH yang dilakukan di Desa Wonodadi Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal dalam mensejahterakan masyarakat Desa Wonodadi, bagaimana dampak program PKH dalam mensejahterakan masyarakat di Desa Wonodadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan pendekatan naratif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Dan yang selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan alat analisis teori modal sosial meliputi tiga aspek yaitu trust, arus informasi, dan norma-norma yang mengikat. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pelaksanaan Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Wonodadi Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal yaitu sebagai berikut : mekanisme penetapan bantuan, pertemuan awal dengan penerima PKH, komponen bantuan PKH, penyajian bantuan, pembentukan kelompok. Terdapat beberapa manfaat yang dirasakan oleh masyarakat penerima PKH yaitu : manfaat sosial, manfaat ekonomi, manfaat pendidikan, manfaat kesehatan, adanya faktor penghambat dari program PKH, dan juga faktor pendukung dari program PKH.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, MohNIDN2017057201
Thesis advisorHasyim, NurNIDN2023037303
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Masyarakat; Kesejahteraan Keluarga; Pelayanan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201- Sosiologi
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 28 May 2020 00:20
Last Modified: 28 May 2020 00:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11151

Actions (login required)

View Item View Item