Strategi pengembangan program penguasaan kitab kuning dalam menarik minat masyarakat untuk masuk di MA Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati

Safitri, Hana (2019) Strategi pengembangan program penguasaan kitab kuning dalam menarik minat masyarakat untuk masuk di MA Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503036064.pdf]
Preview
Text
NIM1503036064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi oleh pendidikan agama menjadi unsur dalam pendidikan Islam yang bisa didapatkan di lembaga pendidikan berbasis pesantren dengan sistem pembelajaran kitab klasik. Wawasan terhadap keagamaan diharapkan dapat meningkatkan Tafaqquh Fiddin (mendalami ilmu agama). Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana strategi pengembangan program penguasaan kitab kuning di MA Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni triangulasi, sedangkan dalam proses analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Perencanaan, Pertama: perumusan visi misi tujuan selangkah lebih maju dalam prestasi dengan ilmu amaly dan amal ilmy. Kedua, perumusan nilai dengan meningkatkan tafaquh fiddin. Ketiga, penaksiran atau pengukuran SWOT dengan motivasi atau dorongan dari guru, orang tua dan tuntutan masyarakat terhadap lulusan yang berkualitas. Keempat, perumusan sasaran strategik berupa target penguasaan kitab kuning supaya mampu mengembangkan dan melestarikan ajaran ahlus sunnah wal jama’ah. Pelaksanaan dan evaluasi, berupa kesiapan materi, metode dan media pembelajaran. Evaluasi diperoleh dari hasil ulangan lisan dan tertulis disertai paraf orang tua sebagai bukti.
Saran yang bisa jadi pertimbangan setelah adanya penelitian ini adalah hendaknya MA Raudlatul Ulum Guyangan mempertahankan strategi yang dirumuskan dan mampu lebih baik lagi untuk tahun kedepan, supaya prestasi-prestasi yang diperoleh selalu meningkat sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan agama lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Kitab Kuning; Minat Masyarakat; Manajemen madrasah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 01 Apr 2020 05:14
Last Modified: 01 Apr 2020 05:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11163

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics