Pengaruh sarana prasarana dan kreativitas pendidik terhadap kepuasan santri di Ponpes Yasin Kudus

Albi, Mirfati (2019) Pengaruh sarana prasarana dan kreativitas pendidik terhadap kepuasan santri di Ponpes Yasin Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
NIM1503036083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Dalam hal ini yaitu konteks pendidikan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan yaitu Sarana prasarana pendidikan dan Kreativitas Pendidik. Keberhasilan pelayanan dalam memberikan fisilitas dan mutu pendidik yang ada, diharapkan akan memeberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Namun seberapa besar pengaruh sarana prasarana dan kreativitas pendidik masing-masing perlu diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh dari sarana prasarana dan kreativitas pendidik terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengumpulan data berupa angket, responden penelitian dipilih terhadap santri di Ponpes YASIN Kudus yang berjumlah 152 responden. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana prasarana terhadap kepuasan santri dan memberikan sumbangan sebesar 39,7% sisanya 60,3% kiranya perlu diperhatikan sarana prasarana yang kurang memenuhi kebutuhan santri agar tingakat kepuasan santri tambah baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas pendidik terhadap kepuasan santri dan memberikan sumbangan sebesar 66% sisanya 44% kiranya perlu diperhatikan agar mutu pendidik di pesantren semakin membaik misalanya diberikan pendidikan dan pelatihan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana prasarana dan kreativitas pendidik secara bersama-sama terhadap kepuasan santri dan memberikan sumbangan sebesar 35,7% sisanya 64,3% kiranya perlu diperhatikan agar pemberian pelayanan sarana prasarana dan kreativitas pendidik meningkat sehingga tingkat kepuasan santri meningkat. Dalam upaya untuk meningkatkan kepuasan santri, maka disarankan kepada pengelola lembaga khususnya pimpinan manajemen untuk selalu memberikan layanan fasilitas yang baik dan memberikan semangat kepada pendidik misalnya dalam bentuk pendidikan dan pelatihan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorFahrurrozi, FahrurroziNIDN2016087702
Thesis advisorUhbiyati, NurNIDN2008025201
Uncontrolled Keywords: Sarana prasarana; kreativitas pendidik; Kepuasan santri; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 31 Mar 2020 08:28
Last Modified: 31 Mar 2020 08:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11165

Actions (login required)

View Item View Item