Evaluasi standar penilaian pendidikan dan kompetensi lulusan dalam mewujudkan akreditasi A di MI Matholi’ul Huda Bantrung Batealit Jepara

Rohmannia, Winda Rahayu (2019) Evaluasi standar penilaian pendidikan dan kompetensi lulusan dalam mewujudkan akreditasi A di MI Matholi’ul Huda Bantrung Batealit Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503036112.pdf]
Preview
Text
NIM1503036112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui kondisi dan menganalisis Standar Penilaian Pendidikan di MI Matholi’ul Huda Bantrung Batealit Jepara berdasarkan Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/ MI (Permendikbud No. 002/H/AK/2017), 2) Mengetahui kondisi dan menganalisis Standar Kompetensi Lulusan di MI Matholi’ul Huda Bantrung Batealit Jepara berdasarkan Kriteria dan Perangkat Akreditasi SD/MI (Permendikbud No. 002/H/ AK/ 2017).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI Matholi’ul Huda Bantrung Batealit Jepara. Model dalam penelitian ini adalah Model Evaluasi Stake atau Model Countenance. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan dalam proses analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kondisi Standar Penilaian Pendidikan di MI Matholi’ul Huda Bantrung Batealit Jepara berdasarkan kriteria dan perangkat akreditasi SD/MI (Permendikbud No. 002/H/ AK/2017) dalam mewujudkan akreditasi A pada saat ini sudah sangat baik. Dari 13 butir komponen instrumen akreditasi, hanya 2 butir yang mendapat opsi jawaban B dan 12 lainnya mendapat opsi jawaban A. 2) Kondisi Standar Kompetensi Lulusan di MI Matholi’ul Huda Bantrung Batealit Jepara berdasarkan kriteria dan perangkat akreditasi SD/MI (Permendikbud No. 002/ H/AK/2017) dalam mewujudkan akreditasi A pada saat ini sudah tergolong baik. Dari 7 butir komponen instrumen akreditasi, 4 butir mendapat opsi jawaban A dan 3 butir lainnya mendapat opsi jawaban B.
Saran yang bisa jadi pertimbangan setelah adanya penelitian ini adalah hendaknya semua pihak MI Matholi’ul Huda memenuhi semua komponen standar akreditasi sehingga dapat mewujudkan akreditasi A.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akreditasi sekolah; Penilaian Pendidikan; Kompetensi Lulusan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 01 Apr 2020 08:05
Last Modified: 01 Apr 2020 08:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics