Metode pendidikan karakter kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Grobogan

Fauziah, Rizky Ulfa (2019) Metode pendidikan karakter kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016112.pdf]
Preview
Text
NIM1503016112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan pendidikan karakter disiplin di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Grobogan melalui metode-metode yang diterapkan kepada peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan dengan adanya krisis karakter, terutama karakter disiplin dikalangan para remaja pada anak-anak usia sekolah dan bagaimana madrasah dalam mengatasi masalah tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian tersebut adalah bagaimana metode-metode yang diterapkan oleh pihak madrasah dalam menanamkan nilai-nilai karakter disiplin di sekolah kepada peserta didik. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Grobogan. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran dari metode-metode yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah. Dimana data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Grobogan dalam upaya menanamkan nilai-nilai karakter disiplin menggunakan beberapa metode yaitu, metode keteladanan, dimana teladan guru sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa. Kedua, melalui metode pembiasaan diluar pelajaran maupun pembiasaan di dalam pelajaran. Dalam metode pembiasaan peserta didik ditanamkan untuk memiliki karakter disiplin yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Selanjutnya, melalui mata pelajaran, dimana proses penanaman nilai-nilai karakter ditanamkan melalui kegiatan di dalam kelas. Dan melalui metode reward dan punishment.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Disiplin
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 01 Apr 2020 08:09
Last Modified: 01 Apr 2020 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics