Pendidikan keimanan bagi anak dalam kitab Tarbiyyah al-Aulād fī al-Islām

Rahayu, Tri (2019) Pendidikan keimanan bagi anak dalam kitab Tarbiyyah al-Aulād fī al-Islām. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1403016152.pdf]
Preview
Text
NIM1403016152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pendidikan keimanan bagi anak menurut pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyyah al-Aulād fī al-Islām. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kegusaran penulis perihal pemberian dan pelaksanaan pendidikan keimanan bagi anak yang kurang tepat. Kebanyakan pendidik memahami pendidikan keimanan sebatas mengajarkan shalat dan membaca al-Quran. Selain itu, umumnya pendidik melakukan kegiatan pendidikan sesuai dengan apa yang didapatkan dari pendidik sebelumnya, tanpa peduli apakah pendidikan yang mereka berikan masih relevan atau tidak dengan kondisi dan situasi anak. Akibatnya, sering terjadi pemaksaan dalam memberikan pendidikan keimanan tanpa memandang usia anak didik.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana pendidikan keimanan bagi anak dalam Kitab Tarbiyyah al-Aulād fī al-Islām? Permasalahan tersebut dibahas dengan menggunakan metode kepustakaan (Library Research), dengan teknik dokumentasi sebagai metode pengumpul datanya. Pengambilan data dilakukan secara langsung dari berbagai sumber yang dijadikan sebagai rujukan. Rujukan primer penelitian ini adalah Kitab Tarbiyyah al-Aulād fī al-Islām karya Abdullah Nashih Ulwan. Rujukan sekunder untuk membantu menyelesaikan penelitian ini adalah buku terjemahan dari Kitab Tarbiyyah al-Aulād fī al-Islām yakni, buku berjudul “Pendidikan Keimanan Anak dalam Islam” yang diterjemahkan oleh Drs. Jamaluddin Miri serta beberapa buku terkait pendidikan keimanan bagi anak, salah satunya buku “Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam” karya Abdurrahman An-Nahlawi.
Hasil penelitian ini adalah pendidikan keimanan bagi anak merupakan upaya mengikat anak dengan dasar-dasar keimanan sejak ia mengerti, membiasakannya dengan rukun Islam sejak ia memahami, dan mengajarkan kepadanya tentang dasar-dasar syariat saat usia anak didik telah tamyiz. Pendidikan keimanan bagi anak memiliki tiga tujuan, yakni penanaman iman kepada al-Khaliq, penanaman kepribadian khusyuk, takwa, dan ubudiyah kepada al-Khaliq, serta penanaman tentang konsep muraqabatullah (pengawasan Allah). Terdapat empat materi pendidikan keimanan bagi anak, yaitu membuka kehidupan anak dengan kalimat Laa ilaaha ilaa Allah, mengenalkan hukum halal dan haram kepada anak sejak dini, menyuruh anak untuk beribadah ketika telah memasuki usia tujuh tahun, serta mendidik anak untuk mencintai Rasul, keluarganya, dan membaca al-Quran. Metode untuk menanamkan pendidikan keimanan bagi anak di antaranya; pendidikan dengan keteladanan, dengan adat istiadat/pembiasaan, nasihat, pengawasan, serta pemberian ganjaran berupa hadiah atau hukuman.
Abdullah Nashih Ulwan memaparkan bahwa pendidikan keimanan bagi anak hanyalah sebatas penanaman, sebab menurutnya pendidikan keimanan bagi anak sepatutnya tidak membebani anak dengan pengajaran dan pelaksanaan syariat. Abdullah Nashih Ulwan kembali menyarankan tentang diperbolehkannya membiasakan anak dengan pelaksanaan syariat, namun dengan cara yang lembut dan tidak memaksa.
Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk sumbangan pemikiran bagi pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, khususnya tentang pendidikan keimanan bagi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan anak; Keimanan; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 01 Apr 2020 08:14
Last Modified: 01 Apr 2020 08:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics