Pendidikan agama anak keluarga pedagang di Pasar Genuk Semarang

Lutfiyyah, Nisaus Saadatul (2019) Pendidikan agama anak keluarga pedagang di Pasar Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016053.pdf]
Preview
Text
NIM1503016053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan agama pada anak dan problematikanya dalam keluarga pedagang di Pasar Genuk Kota Semarang, dengan kondisi ekonomi, pendidikan dan keterbatasan waktu dalam memberikan pendidikan agama kepada anak, adanya fenomena-fenomena yang terjadi pada anak-anak pedagang yang kurang baik dalam berbicara maupun bersikap sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan agama anak keluarga pedagang di pasar Genuk Kota Semarang? Dan bagaimana problematika pendidikan agama anak keluarga pedagang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama yang diajarkan dan metode yang diterapkan pada anak serta problematika yang dihadapi dalam keluarga pedagang di Pasar Genuk Kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dimana penulis mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dengan memahami fenomena yang dialami obyek penelitian. Yang didapatkan berdasarkan pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: Pendidikan Agama pada anak dalam keluarga Pedagang dikategorikan menjadi dua yaitu pendidikan agamaa keluarga santri dan keluarga abangan. Materi yang digunakan dalam keluarga santri meliputi keimanan, akhlak, membaca Al-Qur’an dan do’a harian dengan menggunakan metode cerita, pembiasaan, targhib, keteladan, ganjaran dan nasihat. Sedangkan dalam keluarga abangan menyerahkan segala pengajaran kepada guru sekolah atau guru TPQ termasuk dalam materi yang diajarkan kepada anak, kemudian menggunakan metode pembiasan, keteladanan, dan hukuman. Problematika pendidikan agama anak-anak pedagang pasar diantaranya: kurang memberikan motivasi pada anak, kurang mengarahkan minat anak, dan kurangnya pengalaman orang tua dalam mendidik anak, kesibukan orang tua; orang tua memiliki tanggung jawab dan peran dalam pengasuhan anak; dan kemajuan teknologi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama; Pendidikan anak; Pendidikan keluarga; Pedagang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 17 Mar 2020 04:44
Last Modified: 17 Mar 2020 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics