Peran kiai dalam pembentukan karakter mandiri santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tegal tahun 2019

Nurhadi, Tri Adi (2019) Peran kiai dalam pembentukan karakter mandiri santri di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Tegal tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016101.pdf]
Preview
Text
NIM1503016101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan bangsa akan generasi tangguh dan mandiri dalam menghadapi kompleksitas hidup di abad modern ini. Oleh karena itu, negara mengembangkan pendidikan karakter sebagai usaha mencapai tujuan pendidikan nasional. Salah satu pengembangan karakter yang menjadi tujuan pendidikan di Indonesia adalah karakter mandiri. Berkaitan dengan hal ini, tidak banyak lembaga pendidikan yang mampu melahirkan lulusan-lulusan yang memiliki karakter mandiri. Oleh karena itu, pondok pesantren menjadi lembaga yang layak dicontoh untuk membentuk karakter mandiri peserta didik.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yaitu: (1) Bagaimana pembentukan karakter mandiri santri di pondok pesantren Hasyim Asy’ari Tegal? (2) Bagaimana peran kiai dalam pembentukan karakter mandiri santri di pondok pesantren Hasyim Asy’ari Tegal?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu: dokumentasi, observasi, dan wawancara. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan. Sehingga dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Subyek penelitian adalah kiai, asatidz, pengurus dan santri.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) pembentukan karakter mandiri santri di pondok pesantren Hasyim Asy’ari Tegal melalui empat komponen pesantren yang saling mendukung, yaitu: kebijakan, kegiatan, sumber daya manusia, dan lingkungan. (2) peran kiai dalam pembentukan karakter mandiri santri di pondok pesantren Hasyim Asy’ari Tegal sebagai pemimpin, pengajar, dan pengasuh. Ketiga peran tersebut dijalankan secara maksimal oleh kiai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter; Mandiri; Peran Kiai; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.61 Islamic leaders
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:43
Last Modified: 02 Apr 2020 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11182

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics