Upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Yanbu’a di SMK N 3 Semarang

Fidiyanti, Eva Mila (2019) Upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Yanbu’a di SMK N 3 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016110.pdf]
Preview
Text
NIM1503016110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan al Qur’an siswa dengan menggunakan metode Yanbu’a di SMK N 3 Semarang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an pada peserta didik di SMK N 3 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Di mana metode pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif.
Temuan dari hasil penelitian ini yaitu terkait dengan upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan al Qur’an siswa di SMK N 3 Semarang dengan cara melalui dorongan serta bimbingan khusus, di mana bimbingan khusus ini dilakukan setiap hari senin setelah pulang sekolah. Kegiatan tersebut antara lain yaitu belajar membaca al Qur’an dengan cara simak menyimak, membacakan potongan ayat al Qur’an, mengetahui tanda baca al Qur’an, membaca potongan ayat menjadi satu kalimat. Adapun faktor pendukung yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan al Qur’an siswa yaitu dengan adanya suatu kebijakan dari kepala sekolah yang cukup mendukung, serta guru PAI di mana memiliki latar belakang khusus pendidikan Islam, motivasi yang tinggi, serta sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya tenaga pengajar PAI, keterbatasan waktu, serta kurangnya perhatian dari orang tua dalam hal belajar membaca al Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bacaan Alquran; Metode Yanbu'a; Guru; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:53
Last Modified: 02 Apr 2020 03:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11184

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics