Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP N 1 Sigaluh tahun ajaran 2019/2020

Risqi M, Amalia Nur (2019) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP N 1 Sigaluh tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016136.pdf]
Preview
Text
NIM1503016136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar merupakan kegiatan atau tindakan baik fisik maupun mental yang dilakukan oleh individu untuk membangun pengetahuan dan keterampilan dalam diri dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas belajar dapat terwujud apabila siswa terlibat belajar secara aktif. Aktivitas belajar akan menjadikan kegiatan pembelajaran yang efektif. Guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan dan keterampilan saja. Namun, guru harus mampu membawa siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Aktivitas belajar sangat diperlukan oleh peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum.
Penelitian ini bertujuan mengukur besarnya Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Tahun Ajaran 2019/2010.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru masih jauh dari yang diharapkan, sehingga aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh masih kurang bervariasi. Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu aktivitas belajar siswa 11,43% dipengaruhi oleh keterampilan mengajar guru dan sisanya 88,57% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Pendidikan Agama Islam; Keterampilan Mengajar Guru
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 02 Apr 2020 08:00
Last Modified: 02 Apr 2020 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11187

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics