Etika guru dan murid dalam kitab Al-Fatḥu Al-Rabbāniy karya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani

Zakariya, Ahmad Faiq (2019) Etika guru dan murid dalam kitab Al-Fatḥu Al-Rabbāniy karya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016148.pdf]
Preview
Text
NIM1503016148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era modern ini, hubungan antara guru dan murid sedikit demi sedikit mengalami kemunduran. Sehingga menimbulkan berbagai permasalahan sampai menyebabkan degradasi moral.. Oleh karena itu, perlu adanya kajian mengenai etika yang harus dimiliki oleh seorang guru dan murid sehingga memberikan dampak positif untuk pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etika guru dan murid dalam kitab Al- Fatḥu Al- Rabbāniy karya Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dan relevansinya dengan pendidikan di era modern. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan ( library research).
Hasil dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Etika individu yang harus dimiliki oleh seorang guru, yaitu Berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah, Bersikap Zuhud, Bijaksana, Menjalankan sesuatu berdasarkan hukum Allah, mempunyai jiwa mendidik dan mengajar. Serta selalu menasehati murid-muridnya. Etika guru terhadap muridnya, Bersikap lemah lembut dan kasih sayang kepada muridnya, Ikhlas dalam mengamalkan ilmunya, mengetahui karakter muridnya, bersikap tegas terhadap murid jika memang keadaan memungkinkan untuk bersikap tegas. Seorang murid harus mempunyai etika individu, diantaranya harus mempunyai akal yang sempurna, Niat untuk mencari ridha Allah, sungguh-sungguh dalam mencari ilmu Allah, Bertahap dalam mempelajari ilmu. Sedangkan etika seorang murid kepada gurunya, yaitu memilih figur seorang guru, Bersabar atas tegasnya sikap guru kepadanya, Berprasangka baik dan beradab baik kepada guru, tidak menentang seorang guru, berkhidmah kepada gurunya. Dengan demikian etika guru dan murid menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani diharapkan dengan penelitian ini bisa menambah wawasan keilmuan dan menjadi jawaban atas masalah-masalah di era modern ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika guru; Etika murid; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 31 Mar 2020 07:45
Last Modified: 31 Mar 2020 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11188

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics