Bimbingan rohani Islam untuk mengatasi gangguan mental pasien stroke di rumah sakit Islam Negeri Ngemplak Kecamatan Margoyoso Pati

Syubbanul Mufid, Nova (2020) Bimbingan rohani Islam untuk mengatasi gangguan mental pasien stroke di rumah sakit Islam Negeri Ngemplak Kecamatan Margoyoso Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_1501016079_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_1501016079_Skripsi_Lengkap)
1501016079_skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Stroke adalah kondisi berubahnya fungsi otak karena adanya hambatan atau pecahnya pembuluh darah. Tanpa adanya suplai darah dan oksigen yang cukup, sel-sel dari bagian otak yang terserang mulai mengalami kematian. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan kemampuan pasien untuk berfungsi secara normal.Pasien stroke memiliki problematika yang kompleks antara lain disebabkan oleh problem kesehatan yaitu keterbatasan fungsi tubuh yang berhubungan dengan makin meningkatnya usia dan adanya gangguan mental. Gangguan mental adalah perubahan perilaku yang terjadi tanpa alasan yang masuk akal, berlabihan, berlangsung lama, dan menyebabkan kendala terhadap individu atau orang lain. Salah satu usaha untuk mengatasi di rumah sakit yaitu dengan adanya pelayanan secara holistik. Pelayanan holistik yaitu pelayanan secara menyeluruh meliputi (bio-psiko-sosio-spritual). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) melihat kondisi gangguan mental pasien stroke yang ringan di RSI Pati. 2) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan rohani Islam untuk mengatasi gangguan mental pasien stroke yang rina di RSI Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pasien stroke yang di rawat inap di rumah sakit Islam Pati, Rohaniawan RSI Pati. Selain itu, teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.Sedangkan metode analisis data menggunakan Millles dan Hunberman, melalui tiga tahap dalam analisis data kualitatif yaitu 1) reduksi data (Data Reduction). 2) penyajian data (Data Display). 3). Kesimpulan (Conclusing Drawing).
Penelitian ini memiliki hasil bahwa pasien stroke di RSI Pati mengalami penurunan gangguan mental atau psikis dari pasien, akan merasakan rasa cemas, gelisah dan bahkan depresi. Dengan adanya bimbingan rohani kepada pasien, pasein awalnya merasakan cemas bahkan pasrah akan penyakit stoke yang dideritanya, adapun seorang rohaniawan melakukan bimbingan rohani Islam secara tatap muka maka pasien akan mampu menerima materi yang di sampaikan rohaniawan dengan baik dan insyaallah pasien stroke akan mengikuti arahan baik untuk beribadah maupun rasa bersabar dalam menerima ujian dari Allah yaitu sakit. Hasil kedua menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan rohani Islam di rumah sakit Islam Ngemplak Margoyoso Pati dilakukan dengan cara face to face dan melakukan bimbingan dengan cara berkelompok atau idndividu kepada pasien guna menghilangkan rasa cemas pada diri pasien stroke. Karena dengan adanya bimbingan rohani Islam pasien bisa tersugesti, lebih tenang, lebih sabar, dan mau berikhtiar serta bersemangat untuk cepat sembuh selain itu pasien stroke juga selalu mamasrahkan dirinya kepada Allah SWT, jadi ketika sebelum mendapatkan bimbingan rohani Islam paien stroke banyak yang psikisnya tertekan atau kesehatan mentalnya yang buruk sehingga penyakit yang di deritanya tak kunjung membaik karena kurangnya sebuah motivasi, do’a atau tuntunan dalam berdo’a dan kurangnya tuntunan dalam ibadah. Saran yang dapat diberikan bagi petugas rohani adalah perlu meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan ketrampilan tentang teknik-teknik bimbingan rohani agar layanan yang di berikan lebih berkualitas. Selain itu diperlukan juga penambahan personil petugas rohani dengan tenaga profesional agar pelayanan yang di berikan lebih komprehensif dan professional.

Key words: Bimbingan Rohani Islam, Gangguan Mental dan Pasien Stroke

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam; Gangguan Mental dan Pasien Stroke
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 19 Apr 2020 02:22
Last Modified: 19 Apr 2020 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics