Hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Rembang : analisis bimbingan konseling Islam

Widianti, Ema (2007) Hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Rembang : analisis bimbingan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1100056_ema_widianti]
Preview
Text (skripsi_1100056_ema_widianti)
1100056_EMA_WIDIANTI_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ema Widianti (NIM. 1100056). Hubungan Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Rembang (Analisis Bimbingan dan Penyuluhan Islam). Skripsi Semarang Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Rembang; 2) mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana peran fungsi bimbingan konseling Islam dalam upaya mengembangkan konsep diri dan penyesuaian diri remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Rembang.
Penelitian ini menggunakan metode survei atau riset lapangan dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 65 responden, menggunakan sample populasi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi serta instrumen angket untuk menjaring data pada variable X dan Y.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik korelasi product moment. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan penyesuaian diri remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Rembang; 1) hubungan kepositifan tersebut ditunjukkan oleh nilai korelasi (r) sebesar 0,589 lebih besar dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 0,244 dan pada taraf signifikan 1 % sebesar 0,317.
Dari hasil penelitian ini telah diperoleh fakta yang jelas, bahwa bimbingan konseling Islam yang dijalankan pada Panti Asuhan Darul Hadlonah Rembang dalam masalah konsep diri yang berupa pemulihan/penyantunan (curatif rehabilitatif), perlindungan (proactive), pengembangan (promotif development) dan pencegahan (preventif) dan pencegahan (preventif) berperan dalam menyesuaikan diri di lingkungan sekitarnya. Dengan keempat fungsi bimbingan konseling Islam tersebut, maka akan menciptakan konsep diri yang positif dan hal ini akan membuat mudah remaja untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya, baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan dengan para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep diri; Penyesuaian diri; Remaja; Panti asuhan; Bimbingan konseling Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:50
Last Modified: 18 Jun 2020 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics