Pengelolaan dana Yayasan Yatim Piatu Darul Hadlonah Semarang tahun 2005 – 2007 : analisis manajemen dakwah

Efriyadi, Efriyadi (2008) Pengelolaan dana Yayasan Yatim Piatu Darul Hadlonah Semarang tahun 2005 – 2007 : analisis manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101012_efriyadi]
Preview
Text (skripsi_1101012_efriyadi)
1101012_Efriyadi_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengelolaan Dana Yayasan Yatim Piatu Darul Hadlonah Semarang Tahun 2005 – 2007 (Analisis Manajemen Dakwah).
Permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pengelolaan dana di Yayasan Yatim Piatu Darul Hadlonah Semarang Tahun 2005 - 2007? 2) Apa faktor penghambat dan pendukungnya?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dan ada dua sumber data penting yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Namun karena ini juga termasuk penelitian field research yakni di Yayasan Yatim Piatu Darul Hadlonah Semarang, maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dan juga peneliti menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisa data yang ada.
Adapun kesimpulan dari skripsi ini adalah 1) Pemasukan atau pendapatan dana Yayasan Yatim Piatu Darul Hadlonah Semarang Tahun 2005 - 2007 adalah dari donatur tetap, sumbangan masyarakat, subsidi dari pemerintah melalui Dinso (Dinas Sosial) Jateng, Yayasan Dharmais dan subsidi BBM. Pengelolaan dana panti asuhan bersifat tertutup karena hanya pengurus dan pengasuh saja yang boleh mengetahui arus keuangan panti asuhan. Namun demikian laporan dana baik pemasukan maupun pemanfaatnya dilakukan secara transparan 2) Faktor Pendukung terdiri dari dukungan dari lembaga keorganisasian dan pemerintah dan empati masyarakat. Sedangkan faktor penghambat di antaranya adalah dari jati diri lembaga (kurang sinkronnya visi dan misi dengan kenyataan yang ada dan Tujuan lembaga kurang terealisir dengan baik), manajemen lembaga (Kurang mengenal strategic planning (perencaan strategi yang kurang begitu dipahami oleh pengelola/ pengurus, pembagian job tumpang tindih, termasuk peran, fungsi dan tugas dan pengurus/pengelola sering bekerja sendiri), Kurangnya dilakukan audit oleh akuntan publik, apalagi mempublikasikan hasit audit tersebut), program pendayagunaan. Program tidak didasarkan pada activity plan, meskipun hanya mematok target serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Panti asuhan; Pengelolaan dana
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:17
Last Modified: 20 May 2021 04:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11234

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics