Peran KH. Ahmad Haris Sodaqoh dalam pembentukan kepribadian muslim jamaahnya di Gugen Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan Semarang : studi kasus di Pondok Pesantren Al Itqon

Ubaidillah, Ni’am (2008) Peran KH. Ahmad Haris Sodaqoh dalam pembentukan kepribadian muslim jamaahnya di Gugen Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan Semarang : studi kasus di Pondok Pesantren Al Itqon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101022_niam_ubaidillah]
Preview
Text (skripsi_1101022_niam_ubaidillah)
1101022_Niam_Ubaidillah_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ni’am Ubaidillah (1101022). Peran KH.Ahmad Haris Shodaqoh Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Jamaahnya di Gugen Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan Semarang. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam. Pembimbing Prof. DR. Hj Ismawati, M.Ag dan Shafrodin, M.Ag. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Ilmu Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah IAIN Walisongo,2008.

Pembentukan kepribadian merupakan masalah utama yang sering terjadi dimasyarakat secara luas baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan masyarakat pada umumnya maupun pada diri sendiri. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana Peran KH.Ahmad Haris Shodaqoh dalam Pondok pesantren Al Itqon, Majelis Taklim Ahad Pagi, serta peran dalam Yayasan Al- Wathoniyyah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauhmana Peran KH.Ahmad Haris Shodaqoh dalam pembentukan kepribadian jamaahnya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observsi, wawanacara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian adalah dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, kemudian direduksi, dirangkum, dipilh hal-hal yang pokok dan disimpulkan, dengan menggunakan model analisis data.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa bahwa Peran KH.Ahmad Haris Shodaqoh dalam proses pembentukan kepribadian muslim jamaahnya di pondok pesantren Al Itqon adalah melalui pendekatan-pendekatan spiritual keagamaan yang meliputi aqidah, akhlak dan syariah. Sedangkan peran di Majelis taklim Ahad pagi dengan cara penghayatan, pendalaman dan pengamalan ajaran-ajaran agama Islam menuju akhlakul karimah. Dan peran beliau dalam Yayasan Al-Wathoniyyah adalah pada pendidikan dan pengajaran dengan menekankan proses kegiatan belajar mengajar.
Jadi dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa peran KH. Ahmad Haris Shodaqoh dalam pembentukan kepribadian muslim jamaahnya adalah sebagai pengasuh, guru dan konselor. Pembentukan kepribadian ini berfungsi untuk penguatan iman, beraqidah serta berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepribadian muslim; Kyai; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:33
Last Modified: 19 Jun 2020 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11236

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics