Persepsi keluarga pasien rawat inap terhadap pelayanan bimbingan kerohanian pasien di rumah sakit : studi komparasi RS. Roemani dan RSI Sultan Agung

Bahri, Syaiful (2008) Persepsi keluarga pasien rawat inap terhadap pelayanan bimbingan kerohanian pasien di rumah sakit : studi komparasi RS. Roemani dan RSI Sultan Agung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101040_syaiful_bahri]
Preview
Text (skripsi_1101040_syaiful_bahri)
1101040_SYAIFUL_BAHRI_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bimbingan kerohanian relevan dengan dakwah karena hakikat bimbingan kerohanian, agar manusia selalu mengingat Allah sehingga memperoleh kebahagiaan dan ketenteraman jiwa. Demikian pula esensi dakwah adalah terletak pada ajakan, dorongan (motivasi), rangsangan serta bimbingan terhadap orang lain untuk menerima ajaran agama dengan penuh kesadaran demi untuk keuntungan pribadinya sendiri. Yang menjadi perumusan masalah yaitu bagaimana pelayanan bimbingan kerohanian terhadap pasien di Rumah Sakit Roemani dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung? Bagaimana persepsi keluarga pasien terhadap pelayanan bimbingan kerohanian pasien di Rumah Sakit Roemani dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung?
Penulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan psikologis. Data primer yaitu data yang di peroleh secara langsung dari keluarga pasien, dan pelayanan rohani Islam Rumah Sakit Roemani dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung. Data sekunder yaitu buku-buku lain yang ada hubungannya dengan tema skripsi ini. Pengumpulan data menggunakan Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dalam penelitan ini adalah field research atau penelitian lapangan yang dimulai tanggal 2 Mei 2008 – 10 Juni 2008 dan dengan library research dengan langkah-langkah: observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif komparatif dengan tujuan membandingkan pelayanan bimbingan kerohanian terhadap pasien di Rumah Sakit Roemani dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung.
Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa Bimbingan kerohanian di Rumah Sakit Roemani dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dengan menggunakan ajaran keagamaan pada hakikatnya merupakan pemberian sugesti pada pasien sebagai motivator untuk percepatan penyembuhan dari penyakitnya, karena dengan adanya motivator dari rohaniawan, dapat memberikan kemampuan daya tahan dan tumbuhnya energi untuk melawan penyakitnya. Ajaran keagamaan yang mereka dapatkan dari bimbingan kerohanian akan memperkokoh keimanannya dalam menghadapi cobaan hidup, karena dia akan sepenuhnya memasrahkan dirinya kepada Allah SWT. Persepsi keluarga pasien terhadap pelayanan bimbingan kerohanian di Rumah Sakit Roemani dan Rumah Sakit Islam Sultan Agung dapat ditegaskan bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan keluarga pasien terhadap pelaksanaan bimbingan kerohanian di Rumah Sakit Roemani dan Rumah Sakit Sultan Agung Semarang mayoritas merasa senang. Hal ini merupakan tahap awal untuk mencapai tujuan yakni mendukung proses penyembuhan bagi pasien, karena mereka sudah menyadari bahwa agama telah memberikan pedoman yang benar-benar membahagiakan bagi dirinya. Di samping itu pasien sudah mampu melaksanakan ajaran Islam sebagai hasil dari bimbingan keagamaan yang dilaksanakan selama ini, meskipun belum mencapai 100 %. Namun demikian sudah dapat dikatakan cukup berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keruhanian; Pasien rawat inap; Rumah sakit
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 615 Pharmacology and theraputics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:59
Last Modified: 22 Jun 2020 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11247

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics