Pengaruh intensitas mengikuti istighosah Surat al-Waqi’ah terhadap penaggulangan kenakalan remaja : studi kasus di Padepokan Darussifak Sunan Kalijaga Poncorejo Gemuh Kendal

Mahmudin, Mahmudin (2008) Pengaruh intensitas mengikuti istighosah Surat al-Waqi’ah terhadap penaggulangan kenakalan remaja : studi kasus di Padepokan Darussifak Sunan Kalijaga Poncorejo Gemuh Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1101060]
Preview
Text (Skripsi_1101060)
1101060_MAHMUDIN_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mahmudin 1101060 Penelitian ini berjudul. Pengaruh Intensitas Mengikuti Istighosah Surat Al-Waqi’ah Terhadap Penaggulangan Kenakalan Remaja. Skripsi. Semarang: Program Strata I jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Walisongo 2008.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui Pengaruh antara Intensitas Mengikuti Istighosah Surat Al- Waqiah terhadap Kenakalan Remaja di Desa Poncorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa angka yang dapat dihitung secara matematik dengan rumus statistik, dalam penelitian ini populasi yang dijadikan objek penelitan adalah Remaja Desa Poncorejo Gemuh Kendal. Sedangkan yang menjadi sampel adalah sebanyak 20 % dari 203 orang, sehingga jumlah sampelnya dibulatkan menjadi 40 responden. Sampel yang digunakan tehnik random sampling. Ada dua variabel dalam pengamatan penelitian yaitu variabel pengaruh (independent) adalah “Intensitas Mengikuti Istighosah Surat Al-Waqi’ah variabel terpengaruh (dependent) adalah “Akhlak Remaja,. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dengan menggunakan analisis regresi satu predictor dengan beberapa tahapan yaitu analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjutan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara Intensitas mengikuti Istighosah Surat Al-Waqi’ah dengan kenakalan remaja di “Desa Poncorejo Gemuh Kendal” yang berarti semakin tinggi intensitas mengikuti Istighosah surat Al-Waqi’ah maka akan semakin rendah kenakalan pada diri remaja atau semakin baik akhlaknya. Intensitas mengikuti Istighosah surat al-Waqi’ah adalah “baik” dengan rata-rata 180.30, begitu juga dengan akkhlak ramaja (kenakalan remaja) yang mempunyai rata-rata 177.13. Berdasarkan hasil perhitungan di atas, diperoleh Freg = 26,667 > Ft = 4,08 pada taraf signitifikan 5% dan 7,31 pada taraf signitifikan 1%. Jadi nilai F > Ft pada taraf signifikan 5% dan 1%, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh antara intensitas mengikuti istighosah surat Al-Waqi’ah terhadap akkhlak ramaja (kenakalan remaja).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kenakalan remaja; Istighosah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:14
Last Modified: 25 Jun 2020 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics