Aplikasi pengembangan fungsi-fungsi manajemen dakwah Yayasan Jamah Pasrah di Desa Kembang Kabupaten Pati sebagai lembaga dakwah

Nafi', Ahmad (2008) Aplikasi pengembangan fungsi-fungsi manajemen dakwah Yayasan Jamah Pasrah di Desa Kembang Kabupaten Pati sebagai lembaga dakwah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101087_ahmad_nafi]
Preview
Text (skripsi_1101087_ahmad_nafi)
1101087_AHMAD_NAFI_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Aplikasi Pengembangan Fungsi-Fungsi Manajemen Dakwah Yayasan Jama’ah Pasrah di Desa Kembang Kabupaten Pati Sebagai Lembaga Dakwah. Yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana pengembangan fungsi-fungsi manajemen dakwah di yayasan jama’ah pasrah? bagaimana peranan dan kontribusi manajemen dakwah dalam pengembangan yayasan jama’ah pasrah?
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan manajemen dakwah, sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah sebagai berikut: metode observasi, metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki, dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan penelitian pada saat sekarang, berdasarkan pada fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya dan metode induktif yaitu pengambilan kesimpulan dimulai dari pernyataan atau fakta-fakta khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan Jamaah Pasrah telah mengaplikasikan fungsi-fungsi manajemen yaitu: perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan dan penilaian. Fungsi-fungsi manajemen ini telah diterapkan dengan baik meskipun disana-disini masih juga terdapat kekurangan dan kelemahan. Namun demikian dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang ada ternyata kegiatan dakwah dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Peranan dan kontribusi manajemen terhadap kegiatan di Yayasan Jamaah Pasrah sangat besar peranannya dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kesejahteraan yatim piatu, fakir miskin dan kaum dua’fa dalam meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta mengamalkan ajaran Islam Ahlus Sunnah Waljama’ah.. Selain itu telah mampu dengan baik mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan, pengetahuan, wawasan serta ketrampilan anggota Jamaah Pasrah dalam rangka berpartisipasi terhadap pembangunan nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Lembaga dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:12
Last Modified: 21 May 2021 11:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11252

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics