Pengaruh bimbingan Islam terhadap agresivitas eks pengguna narkoba di Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang

Fatchiyah, Fatchiyah (2008) Pengaruh bimbingan Islam terhadap agresivitas eks pengguna narkoba di Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101123_fatchiyah]
Preview
Text (skripsi_1101123_fatchiyah)
1101123_FATCHIYAH_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fathiyah (NIM: 3100222). Pengaruh Bimbingan Islam Terhadap Agresivitas Eks Pengguna Narkoba Di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata I jurusan Bimbingan Konseling Islam IAIN Walisongo 2007.

Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui bentuk agretivitas eks pengguna narkoba di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang, (2) Untuk mengetahui bentuk bimbingan Islam pada eks pengguna narkoba di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang, (3) Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh bimbingan Islam terhadap agretivitas eks pengguna narkoba di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang

Metode Penelitian: (1). Jenis penelitian berupa Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, karena data yg diperoleh nantinya berupa jumlah atau angka yg dapat dihitung secara matematik. Dan dalam penelitian ini dipakai rumus statistika, (2). sumber dan jenis data menggunakan data yaitu berupa sumber data primer berupa data para pengguna eks narkoba yang berada dinaungan di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang dan bimbingan dan agama sedang data sekunder berupa buku pendukung serta data yang diperoleh dari para pembimbing dan pengurus panti mengenai bimbingan dan agama yang mendukung data Primer. (3) Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah pengguna eks narkoba ( klien) yang beragama Islam yang dibagi menjadi 3 tingkat, di sini saya mengambil 20 % dari 224 kelayan sampel digunakan tehnik random sampling. (4) variabel yang digunakan Variabel bebas (independent) yakni Bimbingan lslam 2. Variabel terikat (dependent), yakni agresivitas eks pengguna narkoba (5) metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.(4) Metode Analisis yang digunakan dengan menggunakan analsisi regresi satu predictor dengan beberapa tahapan yaitu analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjutan..

Hasil penelitian disebutkan (1) Bimbingan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum - hukum agama Islam menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran–ukuran Islam yaitu pembinaan ketaqwaan dan akhlakul karimah yang dijabarkan di dalam pembinaan kompetensi enam aspek keimanan, lima aspek ke-Islaman, dan multi aspek keihsanan. Adapun peranan Bimbingan Islam dalam mengatasi problem Agresivitas Eks Pemakai Narkoba di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang bertujuan memberikan warna, arah dan suasana kehidupan yang baik yang sesuai dengan jalan agama Islam, Bimbingan Islam di dalam panti di lakukan dengan berbagai metode dan materi yang di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna eks narkoba selama bimbingan. Bimbingan Islam merupakan salah satu upaya yang di lakukan pihak Panti Pamardi Putra “Mandiri” dalam rangka mengadakan rehabilitasi terhadap pengguna eks narkoba yang mengalami konflik batin sehingga terjerumus ke penyalahgunaan narkoba yang pada akhirnya mengalami gangguan kejiwaan ( psikomatik). Dalam mengadakan Bimbingan Islam pihak anti Pamardi Putra “Mandiri” memfokuskan dalam tiga langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Para pengguna eks narkoba yang berada di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang berasal dari beberapa daerah sudah terseleksi dari daerahnya masing-masing dan juga lulus tes di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang ada beberapa jenis alasan baik karena pergaulan negatif sampai karena terkena sanksi kriminal, dan dipanti dihuni paling banyak dari keluarga kurang mampu karena Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang bekerja untuk sosial bukan komersil. (3) Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa Bimbingan Islam di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang adalah “baik” dengan rata-rata 134,51 begitu juga dengan pengguna eks narkoba mempunyai rata-rata 137,04. Lalu melalui perhitungan dengan menggunakan rumus regresi diperoleh Freg = 29,132 > Ft. Karena dalam tabel tidak ditemukan n (jumlah responden) 45, maka diambil yang terdekat, yaitu n = 40 dengan nilai 4,08 pada taraf signifikan 5% dan 7,31 pada taraf signifikan 1%. Dengan demikian, maka hipotesis nihil (H0) yang berbunyi “bahwa bimbingan Islam berpengaruh terhadap Agresivitas eks Pengguna narkoba di Panti Pamardi Putra "Mandiri" Semarang “diterima”. Dalam arti semakin intensif bimbingan islam itu diberikan terhadap eks pengguna narkoba, maka cenderung menurunkan tingkat agresivitasnya karena tumbuhnya kesadaran religiusitas mereka, sebaliknya semakin tidak intensif dan tidak efektif bimbingan islam itu diberikan maka akan semakin tidak terkendali agresivitas mereka karena kering terhadap religiusitas dan akan cenderung berbuat atau berperilaku yang jauh dari ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Agresivitas; Pengguna narkoba
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:38
Last Modified: 23 Jun 2020 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics