Analisis semiotik pada kolom muhasabah dalam majalah Ar-Risalah edisi Juli 2005-Agustus 2006

Turki, Turki (2007) Analisis semiotik pada kolom muhasabah dalam majalah Ar-Risalah edisi Juli 2005-Agustus 2006. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1101192_TURKI]
Preview
Text (SKRIPSI_1101192_TURKI)
1101192_TURKI_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIK PADA KOLOM MUHASABAH DALAM MAJALAH AR-RISALAH EDISI JULI 2005-AGUSTUS 2006”. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahuai tema/topik yang terdapat dalam kolom Muhasabah Majalah Ar Risalah Edisi Juli 2005 - Agustus 2006 dan mengetahui struktur penandaan pada kolom Muhasabah dalam Majalah Ar Risalah Edisi Juli 2005 - Agustus 2006.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan untuk memahami materi-materi atau pesan dakwah dalam kolom “Muhasabah” majalah Ar Risalah Edisi Juli 2005 - Agustus 2006, penulis menggunakan pendekatan semiotika.
Semiotik digunakan untuk menelisik atau menguak sistem tanda yang digunakan dalam kolom tersebut. Ada tiga tahap dalam kinerja semiotik, yaitu pemaknaan denotatif yang bertujuan mencari makna sesuai dengan tanda yang ada (penanda), sedangkan tahap kedua menggunakan pemaknaan konotatif, yang bertujuan untuk mencari makna dibalik tanda, sehingga lebih pada menekankan pada penelusuran faktor-faktor mengapa tanda tersebut dapat muncul, dan tahap ketiga adalah ekspansif, yang lebih mengedepankan peran dari pembaca (dalam hal ini penulis) untuk merekonstruksi makna dari sistem tanda tersebut.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa materi-materi Islam dalam kolom “Muhasabah” terbagi kedalam tiga kategori yaitu; Aqidah, Syari'ah, dan Akhlak. Tema-tema tersebut merupakan inti ajaran Islam, sehingga masyarakat luas dapat memetik pelajaran atau hikmah dari kolom muhasabah. Kolom Muhasabah didesain sebagai wahana introspeksi atau mawas diri, sehingga impact atau dampak dapat langsung dirasakan oleh masing-masing pembaca. Akhirnya setelah membaca kolom tersebut, diharapkan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai (values) keisalaman dalam tataran praktis. Dengan demikian dunia Islam akan bersinar, yang diterangi oleh lentera kemuliaan akhlak dan kualitas kinerja (ibadah) yang didukung oleh ketahanan iman yang membaja dalam dada.
Sedangkan sistem penandaan yang ada di kolom Muhasabah mengikuti alur semiotik komunikasi. Semiotik ini mempermudah pemahaman pembaca dalam menangkap pesan yang divisualisasikan melalui tanda yang berbentuk gambar maupun teks yang mengikutinya sebagai penanda, sehingga tanpa melakukan produksi teks, reader langsung dapat memahami pesan tersebut. Alur kedua adalah semiotik konotatif, semiotik ini lebih mengedepankan pada pemaknaan dari tanda tersebut, sehingga unsur petanda lebih dominan dari penandanya. Prinsip kedua ini digunakan dalam menjelaskan sistem tanda yang digunakan dalam kolom Muhasabah. Akhirnya dengan membaca uraian tersebut, pembaca dapat memahami tanda yang dimaksudkan lebih komprehenship, sehingga akan mengurangi resiko kesalahan dalam interpretasi makna atas tanda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis semiotik; Kolom majalah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:26
Last Modified: 23 Jun 2020 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11261

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics