Penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari : studi analisis bimbingan dan konseling Islam

Muarrif, Syamsul (2008) Penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari : studi analisis bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1102056_SYAMSUL_MUARRIF]
Preview
Text (SKRIPSI_1102056_SYAMSUL_MUARRIF)
1102056_SYAMSUL_MUARRIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama: Syamsul Muarrif, NIM: 1102056, Judul Skripsi: Penanggulangan Bahaya Homoseks Menurut Pandangan Dadang Hawari (Studi Analisis Bimbingan Dan Konseling Islam), Program Strata I Bimbingan dan Penyuluhan Islam, IAIN Walisongo, 2008.
Tujuan penelitian adalah 1). Untuk mengetahui penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari; 2) untuk mengetahui penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari ditinjau dari bimbingan dan konseling Islam.
Yang menjadi perumusan masalah, bagaimana penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari? Bagaimana penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari ditinjau dari bimbingan dan konseling Islam? Metode penulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber primernya adalah karya Dadang Hawari, Al-Qur'an, Ilmu Kedokteran Jiwa Dan Kesehatan Jiwa. Sedangkan sebagai data sekunder menggunakan karya-karya ilmiah yang disusun Dadang Hawari, di antaranya: 1) Aborsi Dimensi Psikoreligi; 2) al Qur'an, Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa; 3) Konsep Agama (Islam) Menanggulangi HIV/AIDS; 4) Religi dalam Praktek Psikiatri dan Psikologi; 5) Gangguan Jiwa: Skizoprenia; 6) Marriage Counseling (Konsultasi Perkawinan). Adapun pengambilan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research), dan dokumentasi, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif.
Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa Penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari yaitu, secara umum terapi homoseksual meliputi terapi psikoreligius, psikoterapi, terapi perilaku, dibantu dengan terapi dengan obat (psikofarmaka). Ke semua upaya terapi tersebut dimaksudkan untuk merubah orientasi psikoseksualnya dari homoseksual ke arah heteroseksual. Terapi homoseksual termasuk relatif sulit, oleh karena itu yang terpenting adalah upaya pencegahan sejak dini; dan untuk maksud tersebut pendidikan agama sejak dini menjadi amat penting dan hal ini sesuai dengan temuan ilmiah. Penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari ditinjau dari bimbingan dan konseling Islam. Bahwa penanggulangan bahaya homoseks menurut pandangan Dadang Hawari ditinjau dari bimbingan dan konseling Islam adalah sesuai dengan dasar pijakan utama bimbingan dan konseling Islam yaitu al-Qur'an dan hadis. Konsep Hawari dalam menanggulangi homoseks sesuai dengan asas-asas atau prinsip-prinsip bimbingan dan konseling Islam terdiri dari: asas-asas kebahagiaan di dunia dan akhirat; asas fitrah; asas lillahi ta’ala; asas kesatuan jasmaniah-rohaniah; asas keseimbangan rohaniah; asas kemaujudan individu (eksistensi); asas sosialitas manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Homoseks; Bimbingan dan konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:23
Last Modified: 25 Jun 2020 01:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics