Kontekstualisasi integrasi ilmu dalam sistem pendidikan Islam : studi kritis terhadap monograf Islamization of Knowledge

Muslih, Muslih (2014) Kontekstualisasi integrasi ilmu dalam sistem pendidikan Islam : studi kritis terhadap monograf Islamization of Knowledge. Research report (Laporan penelitian). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
2014=Muslih=PENELITIAN.INDIVIDU.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kontekstualisasi integrasi ilmu dalam sistem Pendidikan Islam, kajian kritis terhadap isi monograf Islamization of knowledge. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah penelitian berikut: (1) Kapan monograf Islamization of knowledge ini muncul? Siapa yang mempelopori kemunculannya? Apa dan bagaimana social setting (sosiologis, politik, budaya ) yang terjadi pada dunia Islam secara umum pada saat kemunculan monograf Islamization of knowledge tersebut? (2) Pra kondisi apa yang harus dipersiapkan untuk menuju integrasi ilmu dalam sistem pendidikan Islam? Apa makna integrasi ilmu dalam sistem pendidikan Islam? Apa dan bagaimana langkah dan prosedur yang harus ditempuh bagi terwujudnya integrasi ilmu dalam sistem pendidikan yang nondikotomis menurut monograf Islamization of knowledge tersebut? (3) Apa yang masih kurang dan perlu disempurnakan dari monograf Islamization of knowledge dalam hal integrasi ilmu? Bagaimana pula kontektualisasinya untuk sistem pendidikan Islam khususnya di Indonesia saat ini? Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research), oleh karena itu kegiatan penelitian ini dipusatkan pada kajian buku-buku atau tulisan-tulisan yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Kemudian, untuk keperluan analisis data, peneliti menggunakan metode analisis kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis). Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Berkenaan dengan sejarah dan setting sosial kemunculan monograf ini bisa dikatakan bahwa monograf Islamization of knowledge ini muncul pada awal 1980an, dimana terjadi persaingan pengaruh antara kelompok Islam Syiah yang dipelopori oleh umat Islam dan atau pemerintah Iran yang baru memenangi revolusi Islam Iran dan menggulingkan pemerintah boneka yang didukung Barat sekuler (Amerika) dengan kelompok Islam Wahhabi yang dipelopori oleh pemerintah Saudi Arabia. Secara psikologis mereka sama-sama ingin merebut hati dan simpati umat Islam di dunia. Tokoh kunci dalam pengadaan dan penerbitan monograf ini bisa dikatakan ada dua orang yakni Ismail Raji al-Faruqi dan AbdulHamid AbuSulayman yang bermarkas di Herndon, Virginia, Amerika Serikat. (2) Berkenaan dengan isi dari monograf ini, bisa diinformasikan bahwa secara garis besar ia berisi tentang gagasan integrasi ilmu melalui konsep Islamisasi ilmu pengetahuan, lengkap beserta syarat-syarat dan prosedur serta langkah-langkah yang harus ditempuh. Konsep atau ide-ide dalam monograf ini merupakan pemikiran kolektif para sarjana dan intelektual Muslim yang hadir pada konferensi internasional tentang “Islamization of knowledge” di Islamabad, yang kemudian disusun dan diedit oleh al-Faruqi. Pada dasarnya, pemikiran dalam monograf ini menghendaki adanya Islamisasi ilmuilmu sosial sebagai bentuk integrasi ilmu. Monograf ini juga secara lengkap menyampaikan langkah demi langkah yang harus ditempus sarjana Muslim jika ingin mewujudkan adanya sistem pendidikan yang non-dikotomis. (3) Berkenaan dengan kontekstualisasi integrasi ilmu dalam sistem pendidikan Islam, content (isi) dari monograf ini menganjurkan kepada umat Islam untuk melakukan penggabungan sistem pendidikan yang ada di negara-negara Muslim, yakni sistem pendidikan Barat modern yang diterapkan oleh kebanyakan pemimpin negara Muslim saat ini harus dipadukan dengan sistem pendidikan Islam tradisional sehingga nantinya akan tercipta satu sistem pendidikan Islam yang komprehensif dan tidak dikhotomis.

[error in script]
Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Integrasi ilmu; Sistem pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:19
Last Modified: 24 Jun 2020 02:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item