Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT bagi guru TPQ se-Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Muslih, Muslih (2016) Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT bagi guru TPQ se-Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Research report (Laporan penelitian). Lembaga Penellitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of 2016=Muslih=LAPORAN.PENGABDIAN.pdf]
Preview
Text
2016=Muslih=LAPORAN.PENGABDIAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Karya pengabdian ini membahas tentang Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Bagi Guru TPQ Se-Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Karya pengabdian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dialami oleh beberapa lembaga TPQ di kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, yakni bagaimana meningkatkan performa dan kualitas pembelajaran guru-guru TPQ di wilayah ini supaya pembelajaran bisa optimal dan para santrinya menjadi tertarik dan antusias dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Untuk merealisasikan tujuan tersebut pengabdian ini memberikan pelatihan dan juga pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT yang mencakup aspek teroritis dan sekaligus praktis. Setelah itu juga dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegiatan ini. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui suatu tahapan dan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Tahapan yang dilalui yaitu: a) Persiapan yang meliputi survey dan penentuan lokasi, dan b) Pelaksanaan pelatihan yang menerapkan beberapa metode yakni ceramah/presentasi, praktek langsung, tanya jawab dan simulasi. Pelatihan ini diberikan oleh narasumber yang kompeten di bidangnya dan sudah memiliki pengalaman yang lama dalam pada hal pelatihan guru. Secara umum pengabdian ini telah berjalan dengan lancar dan berhasil dengan baik. Indikator keberhasilan dari pengabdian ini ialah adanya ketercapaian target peserta, ketercapaian tujuan pelatihan, ketercapaian target penyampaian materi, dan ketercapaian kemampuan penguasaan materi oleh peserta. Selain itu juga adanya kepuasan peserta dan keinginan agar diadakan pelatihan serupa di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Pelatihan; Media pembelajaran; Teknologi informasi dan komunikasi; Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:24
Last Modified: 24 Jun 2020 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics