Pesan dakwah dalam kolom "Hikmah" majalah Suara Muhammadiyah tahun 2004

Haryanto, Budi (2007) Pesan dakwah dalam kolom "Hikmah" majalah Suara Muhammadiyah tahun 2004. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1100028_Budi_Combine.pdf]
Preview
Text
1100028_Budi_Combine.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dalam Kolom “Hikmah” Majalah Suara Muhammadiyah Tahun 2004. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana (discourse analisys), yakni sebuah metode yang berhubungan dengan studi mengenai bahasa atau pemakaian bahasa. Analisis wacana memfokuskan pada struktur yang secara ilmiah terdapat pada bahasa lisan, sebagaimana banyak terdapat dalam wacana seperti percakapan, wawancara, komentar dan ucapan-ucapan. Adapun analisis wacana yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis wacana yang diperkenalkan oleh Van Dijk, atau sering disebut model “kognisi sosial”. Wacana digambarkan mempunyai tiga dimensi atau perspektif, yaitu teks, kognisi sosial dan konteks. Titik berat analisis ini menghubungkan analisis tekstual (yang memusatkan perhatiannya pada struktur teks) ke arah analisis wacana yang komprehensif, yaitu bagaimana teks itu diproduksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kolom “Hikmah” Majalah Suara Muhammadiyah Tahun 2004 memiliki muatan dakwah di dalamnya. Muatan dakwah tersebut dapat dikategorikan ke dalam tiga bidang, yaitu akidah, syari’ah dan akhlak. Pesan dakwah yang berkaitan dengan bidang akidah hanya diungkapkan dalam hal keimanan terhadap Allah SWT. Sedangkan aspek rukun iman yang lain dan aplikasinya belum tersentuh sama sekali. Pesan dakwah yang berkaitan dengan bidang syari’ah dibagi menjadi dua, yakni aspek ibadah dan aspek muamalah. Aspek ibadah terdiri atas materi yang berisi tentang anjuran untuk mencari ilmu (pengajian) dan dzikir kepada Allah SWT. Sedangkan aspek muamalah meliputi anjuran untuk memberikan shodaqoh, kesejajaran dan keadilan antara laki-laki dan perempuan serta anjuran untuk melaksanakan aktivitas dakwah. Pesan dakwah yang berkaitan dengan bidang akhlak meliputi akhlak orang tua terhadap anak-anaknya, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sang khalik dan akhlak terhadap sesama.
Di samping itu, melalui metode analisis wacana yang penulis gunakan dalam penelitian ini, dapat penulis sampaikan misi atau kepentingan Muhammadiyah yang tercover dalam Kolom “Hikmah” Majalah Suara Muhammadiyah Tahun 2004. Adapun misi atau kepentingan tersebut adalah sebagai berikut :
Pertama, materi yang disajikan dalam Kolom “Hikmah” Majalah Suara Muhammadiyah Tahun 2004 terdiri atas materi-materi keislaman. Hal ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi dakwah tetap konsisten melaksanakan dakwah islamiyah, terutama dakwah melalui tulisan.
Kedua, sasaran Majalah Suara Muhammadiyah yang ditujukan kepada masyarakat umum menunjukkan bahwa Muhammadiyah ingin merangkul seluruh aspek lapisan masyarakat, sehingga Muhammadiyah dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
Ketiga, Majalah Suara Muhammadiyah tidak hanya digunakan sebagai media dakwah, melainkan juga digunakan sebagai media koordinasi dan komuinkasi warga Persyarikatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Majalah Suara Muhammadiyah; Moral
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:23
Last Modified: 24 Jun 2020 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics