Pemikiran dakwah Dr.H. Asep Muhyiddin, M.Ag

Istighfarotun, Istighfarotun (2007) Pemikiran dakwah Dr.H. Asep Muhyiddin, M.Ag. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1100133_Istighfarotun.pdf]
Preview
Text
1100133_Istighfarotun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemikiran Dakwah DR. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data studi tokoh, yaitu taksonomi analisis. Dalam analisis studi tokoh ada 5 cara, yaitu yang digunakan guna menganalisis data tentang tokoh, diantaranya Analisis Domain, Analisis Taksonomi, Analisis Komponensial, Analisis Tema Kurikulum dan Analisis Komparasi Konstan. Karena berbagai alasan dalam penelitian ini penulis hanya menggunakan satu cara yakni analisis taksonomi. Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah:
Pertama, dakwah pada umumnya meliputi unsur-unsur antara lain: da'i, mad’u, materi, metode, dan media, serta dasar hukum dakwah, tujuan dakwah, dan strategi dakwah. Tetapi tidak hanya unsur-unsur dakwah saja yang penting, namun yang tidak kalah penting juga adalah prinsip-prinsip dakwah, yaitu: kaidah toleransi (at-tasamuh), kaidah keadilan (al-adl), persamaan (al-musawamah), dan musyawarah (asy-syura).
Kedua, dalam konteks problematika sosial, toleransi, keadilan, dan musyawarah itu berarti lebih baik menghindari konflik, perselisihan, dan pertentangan, pertengkaran, dan permusuhan dari pada secara memaksa ingin mencapai atau meraih kemanfaatan dan kegunaan. Maksudnya kemadharatan harus selalu dihindari.
Penelitian tentang pemikiran dakwah DR. H. Asep Muhyiddin, M.Ag. termasuk ke dalam pemikiran dakwah sosial, syari’ah, akidah sebagaimana yang dikemukakan oleh tokoh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Asep Muhyidin: Tokoh Muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:49
Last Modified: 24 Jun 2020 04:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11277

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics