Muatan dakwah dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah Al-Khalieqy

Maknunah, Lu'luil (2007) Muatan dakwah dalam novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah Al-Khalieqy. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1100158_Lu'luil Maknunah.pdf]
Preview
Text
1100158_Lu'luil Maknunah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh Lu’luil Maknunah (Fakultas Dakwah ; 1100158) dengan judul “Muatan Dakwah dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah al-Khalieqy” ini bertujuan untuk mengetahui materi-materi dakwah yang terkandung di dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban tersebut dan merupakan sebuah penelitian kualitatif.
Oleh karena yang diteliti adalah sebuah karya sastra berbentuk novel, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik. Proses pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi ini. Sedangkan untuk mengolah data umum menjadi data yang tersusun, penulis menggunakan teknik kategorisasi atau pengklasifikasian data. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis data hermeneutik dan interpretasi.
Melalui proses analisis data di atas, didapat hasil bahwasanya dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban terdapat nilai-nilai dakwah yang berhubungan dengan permasalahan aqidah, syari’ah, dan akhlak. Nilai-nilai aqidah yang terdapat dalam novel Perempuan Berkalung Sorban hanya berisikan nilai-nilai aqidah yang berhubungan dengan keyakinan umat manusia kepada Allah SWT yang berwujud pada pengakuan akan keadilan, kekuasaan, takdir, serta kebesaran Allah SWT. Nilai-nilai syari’ah yang terkandung di dalam novel ini banyak berhubungan dengan permasalahan hukum yang berlaku bagi sosok wanita dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu, ada juga nilai-nilai syari’at yang erat kaitannya dengan kehidupan suami isteri dalam sebuah rumah tangga. Sisi nilai akhlak dalam novel Perempuan Berkalung Sorban juga tidak jauh dari nilai-nilai akhlak dalam kehidupan manusia yang lebih banyak berbicara pada akhlak antara manusia dengan sesama manusia, ditambah sedikit nilai akhlak kepada sesama makhluk Allah SWT serta akhlak manusia kepada Allah SWT. Melalui proses kategorisasi pula ditemukan bahwa selain nilai-nilai Islam, dalam novel Perempuan Berkalung Sorban juga terkandung nilai-nilai (pesan) yang berhubungan dengan permasalahan di luar nilai-nilai dakwah. Isi kandungan tersebut meliputi : otoriterisme keluarga kyai, marginalisasi anak perempuan, isteri sebagai korban arogansi suami, serta kandungan nilai keteguhan dan kesucian cinta antara dua manusia. Meskipun bernuansa Islami, ada sedikit kekurangan dalam novel ini yang bisa menjadi nilai kurang sebagai media dakwah. Nilai kurang tersebut terlihat dari adanya eksplorasi cerita seksualitas yang terlalu vulgar dalam novel Perempuan Berkalung Sorban.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwasanya novel Perempuan Berkalung Sorban tidak hanya mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan ruang lingkup materi dakwah namun juga memaparkan kritik-kritik sosial yang berhubungan dengan posisi wanita dalam keluarga kyai serta sedikit pernik hakekat cinta manusiawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Novel Bertendens; Perempuan Berkalung Sorban
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
800 Literature and rhetoric > 890 Literatures of other languages > 892 Afro-Asiatic literatures Semitic
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 24 Jun 2020 08:33
Last Modified: 24 Jun 2020 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics