Perilaku delinquent anak usia remaja ditinjau dari intensitas bimbingan orang tua di Kecamatan Kangkung Kendal

Qariah, Nurul (2008) Perilaku delinquent anak usia remaja ditinjau dari intensitas bimbingan orang tua di Kecamatan Kangkung Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1102117_nurul_qariah]
Preview
Text (skripsi_1102117_nurul_qariah)
1102117_NURUL_QORIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan menggambarkan hubungan intensitas bimbingan orang tua terhadap perilaku delinquent anak usia remaja di Kec. Kangkung Kendal, yang terbagi menjadi 2 variabel yang pertama yaitu, intensitas bimbingan orang tua yang memiliki beberapa indikator yaitu, frekuensi, perhatian, empati dan sungguh-sungguh. Sedangkan variabel kedua adalah perilaku delinquent anak usia remaja. Juga memiliki indikator yaitu, perkelahian (tawuran), membolos sekolah, perjudian, pencurian, dan nonton VCD porno.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara intensitas bimbingan orang tua dengan perilaku delinquent anak usia remaja di Kecamatan Kangkung Kendal. Artinya semakin tinggi intensitas bimbingan orang tua maka semakin rendah perilaku delinquent anak usia remaja di Kecamatan Kangkung Kendal. Dan sebaliknya jika semakin rendah intensitas bimbingan orang tuan maka semakin tinggi perilaku delinquent anak usia remaja di Kecamatan Kangkung Kendal.
Subyek penelitian ini adalah anak remaja yang berperilaku delinquent di Kecamatan Kangkung Kendal yang berjumlah 670 anak remaja, sampel diambil 10% dari jumlah populasi yaitu 67 anak remaja baik laki-laki maupun perempuan, yang diambil secara random sample. Data diperoleh dari angket yang disebarkan kepada responden, bagi anak-anak remaja, mahasiswa, orang tua serta pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas bimbingan orang tua dengan perilaku delinquent anak usia remaja dengan angka yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,414 pada taraf signifikansi 5 % maupun 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kenakalan remaja; Delinquent; Bimbingan orang tua
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:29
Last Modified: 25 Jun 2020 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics